Kebiasaan Ngemil Tengah Malam Bisa Berdampak Pada Daya Ingat

DokterSehat.Com – Salah satu kebiasaan yang dianggap berperan besar dalam membuat kenaikan berat badan dan memicu masalah obesitas adalah dengan ngemil di tengah malam atau bahkan makam malam di jam yang cenderung larut dan dekat dengan waktu tidur. Selain bisa membuat kenaikan berat badan secara signifikan dan membuat resiko obesitas meningkat, sebuah penelitian terbaru justru menunjukkan fakta mengejutkan dimana kebiasaan mengemil di tengah malam akan menurunkan fungsi otak.

doktersehat-keripik-soda

Penelitian yang dirilis oleh indian Express ini menunjukkan bahwa konsumsi makanan dimana tubuh harusnya berada dalam jam tidur akan memberikan efek buruk bagi fungsi otak dan juga kemampuan memori. Penelitian yang dilakukan pada tikus percobaan ini membagi beberapa kelompok tikus menjadi dua dimana salah satu kelompok akan diberi makan di waktu siang hari, waktu dimana tikus cenderung tertidur, dan kelompok lain yang diberikan makan di waktu malam hari, waktu dimana tikus justru beraktifitas. Setelah dipindahkan ke kandang lain, kandang dimana tikus biasanya diberikan semacam kejutan atau perbedaan dan kemudian tikus-tikus tersebut dikembalikan ke kandang yang sama. Reaksi dari tikus dari dua kelompok ini ternyata bisa sangat berbeda.

Tikus yang makan pada jam tidur cenderung akan mengalami kesulitan mengingat dan kesulitan untuk mengenali benda-benda atau objek baru pada kandangnya. Bagian hippocampus pada otak juga mengalami perubahan dan mempengaruhi kinerja memori. Hal yang berbeda justru ditunjukkan oleh tikus yang makan pada jam yang normal dimana perilaku mereka justru tetap biasa saja secara normal. Bagaimana hal ini bisa terjadi?

Pakar kesehatan menyebutkan jika otak ternyata telah dirancang sedemikian rupa untuk memiliki siklus atau jam-jam tertentu untuk memastikan bahwa sistem tubuh berjalan dengan semestinya. Dengan memakan makanan saat seharusnya kita mendapatkan waktu tidur, kita ternayta bisa merusak siklus yang ada pada otak tersebut dan akan mempengaruhi kesehatan tubuh secara keseluruhan. Melihat adanya fakta ini, ada baiknya memang kita tidak lagi ngemil di tengah malam, bukan?