Kebiasaan Minum Teh Ini Bisa Membuat Kita Sulit Menurunkan Berat Badan

DokterSehat.Com – Teh telah dianggap sebagai salah satu minuman yang sangat baik bagi kesehatan tubuh. Salah satu khasiat dari minuman herbal ini juga mampu menurunkan berat badan. Sayangnya, khasiat teh yang satu ini kerap kali sulit untuk didapatkan gara-gara kebiasaan mengkonsumsi teh kita yang tidak benar. Sebenarnya, seperti apakah kesalahan yang ktia lakukan saat mengkonsumsi teh yang membuat kita sulit menurunkan berat badan?

doktersehat-kegunaan-teh-hitam

Pakar kesehatan menyebutkan bahwa kebiasaan masyarakat Indonesia untuk mengkonsumsi teh manis sehingga menambahkan gula dengan jumlah yang berlebihan membuat kita sulit untuk menurunkan berat badan. Menurut pakar kesehatan Lana Billings-Smith, menambahkan gula, baik itu gula putih atau bahkan madu, ternyata mampu menambah jumlah kalori pada teh yang akan kita konsumsi. Sebagai informasi, satu sendok teh gula yang ditambahkan pada teh bisa membuat kita mendapatkan 16 kalori lebih banyak pada minuman tersebut. Padahal, banyak orang yang menambahkan gula lebih dari satu sendok teh. Jika hal ini kerap dilakukan, tak hanya membuat kita sulit mendapatkan berat badan yang ideal, kita juga akan lebih beresiko untuk terkena diabetes.

Tak hanya menambahkan gula, kebiasaan mencampurkan teh dengan susu agar bisa mendapatkan rasa yang lebih enak ternyata membuat nutrisi dan kebaikan susu layaknya antioksidan di dalam teh menghilang. Sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2010 membuktikan hal tersebut, meskipun susu yang dicampurkan adalah susu rendah kalori.

Banyak dari kita yang ingin membuat teh memiliki rasa lebih menarik sehingga menambahkan rasa layaknya vanilla atau stroberi. Untuk hal ini, Lana lebih menyarankan kita untuk menambahkan rasa yang memiliki gula dengan kadar kalori yang rendah. Tak hanya itu, jika kita ingin menambahkan rasa alami dari buah-buahan, ada baiknya kita menggunakan lemon yang bisa membuat teh menjadi lebih enak sekaligus menambah kadar antioksidan di dalam teh yang kita minum.