Kebiasaan Minum Kopi Setelah Makan Ternyata Tidak Baik Untuk Kesehatan

DokterSehat.Com – Banyak orang yang langsung mengkonsumsi kopi setelah menikmati sarapan pagi. Tujuan dari melakukan hal tersebut adalah agar bisa mendapatkan energi dan konsentrasi yang lebih baik untuk bekerja atau melakukan berbagai aktifitas lainnya. Sayangnya, menurut pakar kesehatan, mengkonsumsi minuman berkafein layaknya kopi atau teh bersamaan dengan makanan ternyata bisa memicu anemia.

doktersehat-kopi-coffee-lambung-perih-asam-kafein-perawatan-kulit-payudara-mengecil

Ketua Perhimpunan Dokter Gizi Medik Indonesia, Profesor. Dr. Endang Achadi, menyebut anemia sebagai kondisi tubuh yang kekurangan hemoglobin dalam darah. Biasanya, anemia terjadi karena adanya penurunan kadar zat besi di dalam peredaran darah. Salah satu penyebab dari penurunan kadar zat besi tersebut ternyata adalah karena konsumsi kafein.

Menurut Profesor Endang, konsumsi teh atau kopi yang kaya akan kafein setelah makan ternyata menyebabkan penyerapan zat besi pada makanan tersebut menjadi kurang maksimal. Hal ini tentu akan berpengaruh besar pada kadar zat besi pada darah sehingga akhirnya menyebabkan anemia. Karena adanya anemia, bukannya kita akan lebih bertenaga saat beraktifitas, bisa jadi kita justru akan mengalami gejala layaknya lemas dan lesu.

Profesor Endang sendiri menyarankan kita untuk memberi jeda satu atau dua jam sebelum atau setelah makan jika ingin mengkonsumsi minuman berkafein. Setelah makan sendiri, Endang lebih menyarankan kita mengkonsumsi air putih atau jus buah. Menurut beliau, jus buah yang dikonsumsi bersamaan dengan saat kita makan ternyata bisa membantu penyerapan zat besi dari makanan-makanan tersebut dengan lebih maksimal. Hal ini tentu akan berdampak positif bagi kesehatan tubuh kita sekaligus mencegah anemia. Melihat adanya dampak kesehatan yang kurang baik dari mengkonsumsi kopi atau teh setelah makan, khususnya makan pagi, ada baiknya kita tak lagi melakukannya.