Kebiasaan Buruk yang Dapat Menyebabkan Kerutan

kebiasaan-menyebabkan-kerutan-doktersehat-1
Photo Credit: Pexels.com/bruce mars

DokterSehat.Com– Tanda penuaan yang satu ini, ternyata bisa juga disebabkan oleh beberapa kebiasaan. Anda mungkin bisa tidak sadar dan menganggapnya biasa saja. Dilansir dari Top 10 Home Remedies, berikut ini adalah informasi mengenai kebiasaan jelek yang dapat menyebabkan kerutan pada wajah. Mari simak bersama.

1. Tidur Tengkurap

Tidur tengkurap, menurut ahli kecantikan, dapar menyebabkan keriput. Tidak peduli pada seberapa lembut bantal Anda, posisi tengkurap bisa menyebabkan kerutan pada wajah. Pada saat tidur dalam posisi tersebut, kulit wajah akan lebih sering tertekan, hingga memberikan tekanan pada serat kolagen dan epastin kulit.

Seiring waktu, ini bisa menimbulkan garis halus pada dagu, pipi dan dahi Anda. Untuk mencegah garis tidur atau kerutan, tidurlah dalam keadaan terlentang.

2. Mengulang Ekspresi Wajah

Kebiasaan ini terdengar lucu, tapi begitulah seperti yang dilansir dari Top 10 Home Remedies. Mengulangi ekspresi yang sama dapat berkontribusi pada tanda-tanda penuaan dini seperti keriput dan garis-garis halus. Membuat ekspresi tertentu berulang kali dapat melatih otot wajah Anda secara tidak perlu.

Pada masalah yang serius, otot kehilangan fleksibilitasnya, yang menghasilkan garis yang lebih menonjol pada kulit. Setiap jenis gerakan otot wajah yang berulang akan menyebabkan kerutan. Jadi, kurangi berekspresi mengernyitkan dahi, menyipitkan mata dan cemberut terlalu sering.

3. Minum Terlalu Banyak Alkohol

Minum terlalu banyak alkohol tidak baik untuk kesehatan secara keseluruhan maupun kulit Anda. Alkohol mempercepat proses penuaan karena menguras tingkat vitamin A tubuh, antioksidan kuat yang membantu memproduksi kolagen. Kekurangan kolagen berkontribusi pada penuaan dini. Minum berlebihan juga menyebabkan pembuluh darah membengkak yang berkontribusi pada varises yang tidak sedap dipandang mata.

Alkohol bertindak seperti diuretik, yang berarti semakin banyak Anda minum, semakin dehidrasi tubuh. Kurangnya cairan juga mempengaruhi kulit Anda, membuatnya lebih rentan terhadap tanda-tanda penuaan dini seperti keriput dan garis-garis halus. Untuk menjaga kulit Anda tetap lentur, kencang dan tampak muda, berhenti minum alkohol.

Kebiasaan-kebiasaan jelek tersebut, tanpa sadar mungkin menjadi bagian dari keseharian Anda. Jika ingin meminimalisasi munculnya kerutan, sebaiknya mulai hilangkan dan ganti dengan kebiasaan yang lebih baik.