Kebiasaan Mencuci Piring Ini Ternyata Bisa Membahayakan Kesehatan Tulang Belakang

DokterSehat.Com – Tahukah anda jika kebiasaan kita dalam melakukan berbagai pekerjaan rumah tangga ternyata bisa memberikan efek buruk bagi kesehatan tulang belakang? Apa sajakah kebiasaan tersebut?



Saat menyikat gigi
Ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk menyikat gigi. Kebanyakan masyarakat tanah air menyikat gigi di dekat bak mandi. Namun, ada pula orang yang menyikat gigi di wastafel. Sayangnya, ada sebagian orang yang menyikat gigi dengan posisi sedikit membungkuk karena takut jika busa pasta gigi jatuh dari mulut ke perut atau kaki. Padahal, hal ini ternyata bisa berbahaya bagi kesehatan tulang punggung. Jika ingin menjaga postur yang baik saat menyikat gigi, kita bisa menyentuh dinding agar posisi kita tidak begitu membungkuk.

Saat mencuci piring
Pakar kesehatan menyarankan kita untuk mencuci di bak pencuci piring, bukannya di kamar mandi atau di tempat rendah dimana posisi tubuh kita menjadi membungkuk. Hanya saja, saat mencuci di bak cuci piring,masih ada juga orang yang melakukannya dengan sedikit membungkuk. Pastikan untuk selalu berada dalam posisi yang tegak saat mencuci piring demi kesehatan tulang punggung kita.

Saat mengepel lantai
Jangan mengepel lantai hanya dengan kain basah karena akan membuat kita melakukannya dengan posisi membungkuk. Ada baiknya kita menggunakan pel yang memiliki gagang agar kita bisa melakukannya dengan postur tubuh yang lebih baik.

Saat memakai sepatu
Pastikan untuk selalu memakai sepatu dengan posisi duduk, jangan memakainya saat kita sebelumnya berada dalam posisi berdiri karena hal ini akan membuat kita membungkuk dengan tekanan yang cukup ekstrim.

Mengambil barang di atas lemari
Jika memang posisi barang cukup tinggi, jangan memaksakan diri hingga posisi menjinjit. Jika hal ini terjadi, maka kita akan lebih beresiko terkena kram, rasa nyeri, sekaligus masalah tulang belakang. Gunakan kursi agar lebih mudah untuk mengambil barang yang tinggi tersebut.