Kebiasaan Memakai Ikat Rambut di Pergelangan Tangan Ternyata Berbahaya

DokterSehat.Com– Kebanyakan orang akan segera menempatkan ikat rambut pada pergelangan tangannya saat tidak dipakai untuk mengikat rambut. Hal ini memang sangat praktis untuk dilakukan karena kita bisa dengan mudah memakainya kembali tatkala ingin mengikat rambut. Sayangnya, menurut pakar kesehatan, kebiasaan memakai ikat rambut di pergelangan tangan, khususnya jika dilakukan hingga seharian penuh, ternyata bisa mengundang bahaya kesehatan. Seperti apakah bahaya tersebut?



Adalah seorang wanita bernama Audree Kopp yang membuktikan bahaya dari memakai ikat rambut pada pergelangan tangan ini. Sebagaimana kebanyakan wanita lainnya, Ia dengan enteng memakai ikat rambutnya di pergelangan tangan dalam waktu yang lama layaknya aksesoris. Sayangnya, hal ini ternyata membuat pergelangan tangannya kemerahan dan membengkak. Melihat gejala yang tidak wajar ini, Ia pun langsung memeriksakan kondisi tersebut ke dokter. Yang tidak disangka adalah, Audree ternyata mengalami infeksi yang harus segera dioperasi agar tidak menjadi semakin parah.

Pakar kesehatan dr. Faisal Tawwab menyebutkan bahwa meskipun infeksi yang disebabkan oleh ikat rambut cenderung jarang terjadi, dalam realitanya hal ini tidak bisa disepelekan begitu saja. Pakar kesehatan lainnya di bidang radiologi dan vaskular bernama Adam Gropper, MD, menyebutkan bahwa beberapa jenis ikat rambut dengan bahan glitter atau metal memang bisa memicu luka pada kulit. Selain itu, beberapa kandungan pada ikat rambut tersebut juga bisa merusak lapisan pelindung kulit dan akhirnya meningkatkan resiko infeksi.

Penyebab lain dari munculnya infeksi karena ikat rambut adalah berpindahnya bakteri yang ada pada rambut ke pergelangan tangan. Bakteri-bakteri ini bisa saja sangat berbahaya dan menginfeksi kulit. Melihat adanya fakta ini, ada baiknya memang kita tidak sembarangan memakai ikat rambut di pergelangan tangan.