Tips Ampuh untuk Meninggalkan Kebiasaan Makan Tak Sehat

doktersehat-makan-binge

DokterSehat.Com– Ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk mendapatkan kesehatan, misalnya menjaga pola makan, rutin berlahraga, serta istirahat yang cukup. Namun, cara yang paling ampuh dalam menjaga kesehatan adalah dari dalam, yakni dari makanan yang kita konsumsi sehari-hari. Pasalnya, dari setiap makanan tersebut, kita akan mendapatkan nutrisi cukup agar badan tetap sehat dan prima.

Sebab, tidak sedikit orang yang mengalami masalah kesehatan akibat tidak menjaga pola makannya. Seperti diketahui, pola hidup orang saat ini memang sangat hobi mengonsumsi makanan cepat saji dan camilan tak sehat. Padahal, sebenarnya mereka tahu bahwa makanan tersebut tidak baik dikonsumsi secara terus-menerus, tapi karena rasa yang lezat, mereka pun sulit menghentikannya.

Jika Anda termasuk salah satu dari mereka, berikut adalah beberapa tips agar bisa meninggalkan kebiasaan makan tak sehat.

1. Membuat Jadwal Makan

Hal ini penting dan tidak boleh disepelekan jika ingin hidup sehat. Mulai sekarang, buatlah jadwal makan sesuai dengan keinginan dan batas normal. Misalnya Anda ingin makan tiga kali sehari, maka Anda harus makan pada jadwal yang telah ditentukan agar terhindar dari camilan yang tak sehat. Selain itu, makan dengan jadwal yang teratur juga bisa membuat berat badan terjaga.

2. Jangan Stok Camilan Tak Sehat

Salah satu penyebab Anda selalu ngemil adalah memiliki stok camilan. Untuk itu, hindari dan jangan menyimpan camilan di dalam kulkas sebab akan meningkatkan hasrat untuk menyantapnya. Kalaupun memang terbiasa ngemil, lebih baik gunakan camilan sehat seperti buah atau yoghurt.

3. Perbanyak Air Putih

Keinginan untuk ngemil makanan tak sehat terkadang muncul akibat perut yang lapar. Maka dari itu, alangkah baiknya Anda mengatur jadwal makan dengan baik, kalaupun masih lapar di sela-sela waktu, Anda bisa mengonsumsi air putih untuk menunda lapar. Sebab, air menunda lapar dengan air putih adalah sebuah keputusan yang bijak dan tanpa risiko.

4. Tidur yang Cukup

Tahukah Anda bahwa seseorang yang tidak memiliki kualitas tidur baik akan lebih mudah lapar. Apalagi jika Anda sering begadang, maka rasa lapar tentunya tidak bisa dihindarkan. Oleh karenanya, kebanyakan orang yang begadang pasti selalu ditemani camilan. Untuk itu, perbaiki kualitas dan kuantitas tidur Anda agar terhindar dari makanan tak sehat.