Kebiasaan Khas yang Kerap Dilakukan Anak Muda Ini Ternyata Berbahaya Bagi Kesehatan

DokterSehat.Com– Masa muda adalah waktu dimana kita suka bermain, berkumpul bersama dengan teman-teman, atau melakukan berbagai hal lainnya. Sayangnya, beberapa kebiasaan khas anak muda ini ternyata bisa memberikan dampak buruk bagi kesehatan jika kerap dilakukan.

doktersehat-gadget-handphone-chat-earphone

Mendengarkan musik dengan earphone
Mendengarkan musik dengan earphone memang sangat asyik untuk dilakukan. Sayangnya, jika kita kerap melakukannya hingga berjam-jam lamanya, apalagi jika volume suara yang diatur juga cukup tinggi, maka kita bisa menurunkan kemampuan pendengaran pada telinga.

Berselancar internet
Hanya dengan ponsel, kita bisa bermain media sosial atau berselancar internet sesuka hati. Sayangnya, kebiasaan berselancar di internet dalam waktu yang lama bisa berimbas buruk bagi kesehatan mata, khususnya dalam menyebabkan mata minus. Selain itu, telah banyak penelitian yang membuktikan bahwa penggunaan media sosial bisa memicu depresi dan kecemasan berlebih.

Bermain game
Banyak orang yang bermain game hingga lupa waktu sehingga melewatkan waktu makan dan kurang tidur. Hal ini bisa menurunkan daya tahan tubuh dan memicu datangnya penyakit.

Menonton televisi
Ada banyak acara televisi yang bisa membuat kita kecanduan seperti drama atau pertandingan olahraga. Sayangnya, terlalu lama menonton televisi, apalagi jika ditambah dengan mengkonsumsi camilan tidak sehat bisa membuat tubuh kurang gerak dan meningkatkan timbunan lemak dan kolesterol pada tubuh. Hal ini bisa memicu datangnya masalah kesehatan seperti obesitas, penyakit jantung, dan penyakit lainnya.

Bermain ponsel hingga larut malam
Begitu asyiknya mengobrol lewat aplikasi chatting atau bermain media sosial membuat banyak anak muda memakai ponselnya hingga larut malam. Hal ini bisa membuat mereka kurang tidur dan meningkatkan kadar hormon stress dalam tubuh. Daya tahan tubuh juga bisa semakin menurun sehingga memudahkan datangnya penyakit.

Baca Juga:  Smartphone Bisa Membuat Wanita Semakin Susah Hamil?

Memakai behel hanya untuk gaya
Banyak anak muda yang memakai behel hanya untuk gaya-gayaan saja, bukan karena faktor kesehatan. Sayangnya, hal ini bisa berdampak pada masalah seperti kerusakan gigi atau gigi goyang.