Kebiasaan-Kebiasaan Ini Bisa Membuat Gigi Kita Menjadi Lebih Cepat Rusak

DokterSehat.Com – Syarat dari gigi yang sehat adalah tidak memiliki lapisan plak dan juga tidak berlubang. Untuk memastikannya, kita tentu harus rutin melakukan pembersihan gigi dengan cara menyikatnya setidaknya setelah makan dan sebelum tidur. Tak hanya itu, kita harus mengetahui beberapa kebiasaan buruk yang kerap kali kita lakukan yang bisa membuat gigi kita lebih cepat rusak sehingga kita bisa menghindarinya. Apa sajakah kebiasaan-kebiasaan tersebut?

doktersehat-gula-permen

Menggeratakkan Gigi Saat Tidur
Memang, kebiasaan ini cenderung sulit untuk dikendalikan karena kita dalam kondisi tidur yang memang tidak sadar. Namun, andai kita kerap menggeretakkan gigi saat tidur, maka dikhawatirkan gigi bisa menjadi lebih mudah goyang hingga menjadi lebih sensitive.

Mengunyah Es Batu
Banyak dari kita yang setelah mengkonsumsi minuman dingin masih mengunyah es agar bisa tetap merasakan sensasi segar dan dingin di mulut. Padahal, suhu es batu yang sangat dingin dan keras ini bisa membuat gigi kita semakin mudah retak.

Membuka Kemasan Atau Barang Dengan Gigi
Saat membuka kemasan atau ikatan dengan tangan sulit untuk dilakukan, maka kita tentu akan langsung memakai gigi untuk membukanya. Dalam beberapa kasus seseorang bahkan bisa memakai giginya untuk membuka tutup botol! Hal ini ternyata bisa membuat gigi mudah retak atau bahkan patah. Ada baiknya kita tidak melakukan hal-hal ini.

Mengunyah Permen Karet Manis
Permen karet ternyata tidak selalu menyehatkan gigi dan mulut seperti yang biasa kita bayangkan. Adanya kandungan manis pada permen karet ini bisa saja menempel pada gigi sehingga kandungan gulanya bisa langsung menyerang enamel gigi dan bisa membuat gigi kita menjadi lebih mudah rusak.

Meminum Soda atau Jus
Jus dan minuman bersoda ternyata juga kaya akan kandungan gula yang berarti minuman-minuman ini akan beresiko membuat kesehatan gigi kita menurun.