Kebiasaan-Kebiasaan Buruk Ini Sebaiknya Dihindari Oleh Penderita Diabetes

DokterSehat.Com – Penderita diabetes termasuk sebagai orang-orang yang paling tidak beruntung di seluruh dunia. Bagaimana tidak, mereka harus pandai-pandai mengendalikan kadar gula darah karena jika meningkat tak terkendali, mereka bisa mengalami gejala-gejala yang berbahaya bagi kesehatan tubuhnya atau bahkan memicu komplikasi yang mengerikan. Sebenarnya, apa sajakah yang sebaiknya dihindari oleh para penderita diabetes?

doktersehat-daging-panggang-meat-sapi-karbohidrat-lemak-kentang-hipertensi

Tidak mengkonsumsi sarapan
Banyak orang yang berpikir jika penderita diabetes harus membatasi konsumsi makanan berat, khususnya nasi di waktu sarapan sehingga memilih untuk melewatkan sarapan. Padahal, andai mereka tidak mengkonsumsi sarapan sama sekali, maka bisa jadi kadar gula darahnya akan menurun dengan signifikan dan bisa memicu masalah kesehatan yang cukup serius yang disebut sebagai syok hipoglikemik. Andai penderita diabetes mengalami syok ini, maka dikhawatirkan mereka bisa mengalami kejang-kejang yang sangat parah dan bisa berujung pada kematian.

Makan pada larut malam
Selain tetap menjaga asupan makannya secara rutin, waktu makan juga harus diperhatikan oleh penderita diabetes. Ada baiknya mereka tidak mengkonsumsi makanan pada waktu yang terlalu larut, apalagi sangat dekat dengan waktu tidur. Andai hal ini dilakukan, dikhawatirkan kadar gula darah bisa melonjak dengan sangat cepat sehingga memicu berbagai masalah yang lebih parah pada diabetes.

Tidak mendapatkan asupan gizi yang cukup
Karena harus menata pola makannya dengan lebih teliti, pada akhirnya penderita diabetes takut untuk mengkonsumsi berbagai jenis makanan sehingga yang terjadi adalah mereka kesulitan mendapatkan asupan karbohidrat, mineral, dan vitamin dalam jumlah yang cukup setiap harinya. Hal ini tentu akan membuat gejala diabetes menjadi semakin parah.

Mengkonsumsi daging dan makanan berlemak sembarangan
Penderita diabetes harus mempertimbangkan dengan tepat seberapa banyak daging dan kandungan lemak yang mereka konsumsi setiap hari. Ingatlah bahwa daging kaya akan protein dan jika penderita diabetes mengkonsumsi protein terlalu banyak, maka keseimbangan gula dalam darah bisa terganggu. Selain itu, makanan yang kaya lemak akan bisa memicu peningkatan kolesterol yang tentu akan memicu masalah besar pada tubuh andai berkolaborasi dengan diabetes.