Kebiasaan Ini Tanpa Disadari Bisa Membuat Kulit Wajah Kusam

DokterSehat.Com – Setiap wanita tentu ingin mendapatkan kulit wajah yang bersih, sehat, dan selalu terlihat cerah. Sayangnya, tanpa disadari kita ternyata melakukan beberapa kebiasaan yang bisa membuat kulit menjadi lebih kusam. Seringkali kulit yang kusam ini terjadi karena adanya penyumbatan kotoran pada pori-pori wajah. Sebenarnya kebiasaan apa saja yang bisa memicu penyumbatan pori-pori sehingga membuat wajah kita menjadi kusam?

dotersehat-kulit-wajah-pori-mengecil-deodoran-untuk-wajah-berminyak

Suka menyentuh wajah
Banyak dari kita yang dengan santai menyentuh wajah dengan tangan. Padahal, bisa jadi tangan baru saja kita pakai untuk menyentuh benda-benda yang kotor. Jika kita sering melakukannya, maka berbagai kotoran ini bisa menempel pada kulit wajah dan memicu penyumbatan pada pori-pori sehingga membuat kulit kita menjadi lebih kusam.

Malas mengganti sprei dan sarung bantal
Meskipun terlihat sepele, malas mengganti sarung bantal dan juga sprei ternyata bisa membuat kulit wajah kita menjadi kusam. Hal ini terjadi karena tumpukan berbagai kotoran dan debu pada sprei atau sarung bantal yang akhirnya menempel pada kulit sehingga akhirnya menutup pori-pori kulit dan memicu masalah kulit kusam.

Tidak membersihkan layar ponsel
Ponsel kini telah menjadi benda yang hampir tidak bisa kita lepaskan dalam kehidupan sehari-hari. Sayangnya, karena kita bawa ke berbagai tempat, ponsel bisa saja terkena berbagai kotoran dan debu. Jika kita kerap menelepon dengan layar ponsel yang sudah kotor, maka pori-pori kulit tentu akan mudah tersumbat kotoran tersebut sehingga akan memicu masalah kulit kusam.

Menggunakan make-up waterproof terlalu lama
Demi mendapatkan tampilan wajah yang maksimal, banyak dari kita yang memakai make-up waterproof. Sayangnya, penggunaan make-up jenis ini dalam waktu yang terlalu lama akan membuat kulit wajah terpapar bahan kimia dan minyak dalam level yang cukup berat. Jika hal ini kerap dilakukan, maka pori-pori akan lebih mudah tersumbat sehingga memicu masalah jerawat dan kulit kusam.