Kebiasaan Ini Bisa Tingkatkan Risiko Kanker Payudara

Doktersehat.com – Kanker payudara merupakan penyebab kematian tertinggi kedua pada wanita setelah kanker paru-paru dan kanker kedua yang paling banyak ditemukan pada wanita setelah kanker kulit. Kanker payudara timbul akibat berkembangnya sel kanker secara abnormal di daerah payudara. Jika ditemukan secara dini kanker ini memiliki tingkat kesembuhan yang baik, namun jika sudah stadium lanjut umumnya tingkat kesembuhan semakin menurun.
Gaya hidup yang tidak sehat serta faktor genetik diketahui dapat memicu terjadinya kanker payudara. Selain itu, ada beberapa kebiasaan yang dapat menimbulkan risiko terkena kanker payudara.



Untuk membantu mengurangi risiko kanker payudara, 3 kebiasaan berikut ini sebaiknya dihilangkan dari kehidupan Anda mulai sekarang, seperti dikutip dari Fitsugar, Jumat (5/10/2012) yaitu:

1. Terlalu sedikit tidur
Kurang tidur atau hanya memiliki sedikit waktu untuk tidur tidak hanya membuat orang sulit konsentrasi bekerja atau sekolah keesokan harinya, namun juga bisa meningkatkan risiko terkena kanker payudara.

Sebuah penelitian baru menemukan mempertahankan kebiasaan tidur dengan kualitas yang baik dan cukup bisa mengurangi risiko berkembangnya bentuk agresif dari kanker payudara. Untuk itu pastikan selalu mendapatkan waktu istirahat yang cukup.

2. Konsumsi 3 gelas wine
Minum segelas wine sehari telah terbukti bisa mencegah beberapa penyakit, tapi jika dikonsumsi secara berlebihan justru bisa memiliki efek sebaliknya. Studi menemukan konsumsi 7-14 gelas seminggu bisa meningkatkan risiko terkena kanker payudara hingga 60 persen.

3. Terlalu sering leha-leha di sofa
Bersantai di sofa setelah beraktivitas seharian memang dibutuhkan oleh tubuh, tapi jika terlalu sering dilakukan bahkan hingga melewatkan waktu untuk olahraga maka bisa memiliki efek buruk, salah satunya adalah meningkatkan risiko kanker payudara. Kondisi ini tidak hanya menyebabkan obesitas, tapi olahraga telah terbukti bisa mengurangi risiko kanker payudara. Untuk itu hindari terlalu sering bersantai di sofa, tapi luangkan waktu untuk berolahraga.

Baca Juga:  Terapi Radiasi untuk Membunuh Sel-sel Kanker Payudara

Dari berbagai sumber