Kebiasaan Ini Bisa Menyebabkan Jantung Kita Tidak Sehat

DokterSehat.Com – Jantung adalah salah satu organ tubuh yang paling penting bagi tubuh kita. Kemampuannya dalam mengalirkan darah ke berbagai penjuru tubuh bisa membuat aktifitas organ tubuh tetap aktif dan kita bisa melakukan banyak hal setiap harinya. Sayangnya, jantung juga termasuk rentan dari berbagai gangguan kesehatan, khususnya jika kita tidak melakukan gaya hidup yang sehat. Tanpa kita sadari, kita banyak melakukan kebiasaan yang bisa memicu masalah kesehatan pada jantung. Apa sajakah kebiasaan buruk itu?

doktersehat-serangan-jantung-heart-attack

Kesehatan jantung kerap kali ditentukan dengan apa saja makanan yang kita konsumsi. Masyarakat tentu ingin memakan makanan yang enak dan makanan enak juga mengandung garam. Tahukah anda, jika kita mengkonsumsi garam dengan berlebihan, maka jantung kita pun beresiko mendapatkan masalah kesehatan karena tekanan darah yang cenderung meningkat. Kandungan pada garam yang disebut natrium haruslah dikonsumsi tidak lebih dari 1.500 miligram per hari. Jika diperlukan, anda bisa mulai memasak makanan dengan kandungan garam yang lebih sedikit demi kesehatan jantung.

Aktivitas kerja harian yang penuh dengan tekanan bisa memicu rasa stres yang berlebihan. Hal ini bisa memicu peningkatan denyut jantung dan tekanan darah sehingga kitapun beresiko terkena penyakit jantung. Selain itu, bekerja dengan posisi duduk yang sangat lama ternyata memberikan resiko terkena gagal jantung hingga dua kali lipat jika dibandingkan dengan mereka yang aktif bergerak. Selain itu, pekerja kantoran di perkotaan juga cenderung kekurangan waktu tidur sehingga sistem kardiovaskular yang berkaitan erat dengan organ jantung tidak bisa beristirahat dan menyebabkan resiko terkena masalah kesehatan pada jantung. Kebiasaan merokok dan meminum alkohol banyak digemari berbagai kalangan karena bisa melepaskan stres dan tekanan pekerjaan dengan cepat. Sayangnya, kebiasaan ini juga bisa membuat tubuh beresiko terkena penyakit jantung.

Baca Juga:  Kapankah Waktu Paling Ideal Untuk Sarapan?

Sayangi jantung anda dengan melakukan gaya hidup yang sehat. Pola makan yang baik, istirahat yang cukup, dan kemampuan mengendalikan stres dengan baik bisa membuat jantung anda bebas dari masalah kesehatan hingga bertahun-tahun lamanya.