Kebiasaan Ini Bisa Membuat Kesehatan Mata Memburuk

DokterSehat.Com – Jika kita mau mencermati, kini ada semakin banyak anak yang memakai kacamata jika dibandingkan dengan jaman dahulu. Pakar kesehatan menyebutkan jika kemajuan teknologi menjadi salah satu penyebab semakin memburuknya kualitas kesehatan mata anak-anak belakangan ini. Mereka bisa saja memainkan ponsel, gadget, atau bahkan game komputer dalam waktu yang sangat lama sehingga kesehatan mata mereka memburuk. Selain karena faktor teknologi, beberapa kebiasaan yang terlihat sepele seperti berikut ini ternyata juga bisa memperburuk kualitas kesehatan mata.

doktersehat-Astigmatisma-mata-silinder-Hipermetropi-Rabun-jauh-Mata-dekat

Banyak dari kita yang cenderung santai saja jika membaca pada area yang redup, apalagi di malam hari dimana kita dengan asyiknya membaca novel kesukaan untuk menemani waktu menjelang tidur dengan lampu tidur yang redup. Tanpa kita sadari, hal ini ternyata bisa memicu ketegangan berlebihan pada mata yang bisa membuat mata kita lebih mengrenyit dan bahkan bisa memperburuk kesehatan mata. Apapun alasannya, membacalah di tempat yang kaya akan cahaya.

Saat mata kita terasa gatal, kita juga biasanya tidak akan segan langsung menggosok mata dengan keras. Padahal, hal ini bisa membuat pembuluh darah yang terletak pada kelopak mata bagian bawa mengalami kerusakan. Jika kita menggosok mata dengan jari yang cenderung kotor, maka kita juga bisa membuat mata terinfeksi bakteri atau kuman yang tentu akan sangat berbahaya bagi kesehatan mata. Selain menggosok mata, kita juga terkadang asal mencari obat tetes mata untuk mengatasi rasa gatal tanpa mengecek kadar kadaluarsa obat tetes mata ini. Padahal, seringkali obat tetes mata yang disimpan di kotak obat sudah berusia sangat lama sehingga beresiko bisa membahayakan kesehatan mata.

Kebiasaan lain yang bisa membahayakan kesehatan mata adalah jika kita terlalu malas melepas lensa kontak dan tetap memakainya saat tidur. Hal ini ternyata bisa membuat mata kehilangan aliran oksigen dan saat terbangun, mata bisa mengalami merah-merah atau iritasi. Sering-seringlah membersihkan mata dan jangan gunakan lensa kontak terlalu lama demi kesehatan mata.