Kebiasaan Harian Ini Ternyata Bisa Merusak Penampilan Kita

DokterSehat.Com – Tanpa kita sadari, cukup banyak kebiasaan yang kita lakukan setiap hari yang ternyata bisa memberikan kerugian besar bagi kesehatan sekaligus penampilan kita. Andai kita kerap melakukannya, kita tentu akan beresiko besar mengalami penuaan dini. Apa sajakah kebiasaan-kebiasaan yang sebaiknya kita hindari tersebut?



Rambut kuncir kuda
Hampir setiap wanita yang memiliki rambut panjang cukup akrab dengan gaya rambut ini. Hanya dengan memakai ikat rambut, kita bisa mendapatkan rambut yang jauh lebih rapi dan tidak akan mengganggu aktifitas kita sehari-hari. Sayangnya, dengan menguncir rambut, kita akan menarik akar rambut dan hal ini bisa memicu kebotakan atau penipisan rambut dengan lebih cepat. Ada baiknya memang kita tidak sering-sering menguncir rambut atau andaipun kita ingin menguncirnya, jangan lakukan dengan terlalu kencang.

Meminum susu terlalu banyak
Banyak orang yang berpikir jika semakin sering meminum susu, maka semakin baik pula bagi kesehatan tubuh. Padahal, susu memiliki kandungan androgen yang akan membuat fungsi kelenjar minyak menjadi semakin aktif. Alhasil, produksi sebum akan meningkat dan akan menyumbat pori-pori kulit sehingga muka pun akan terlihat lebih kusam dan berminyak.

Duduk dengan menyilangkan kaki
Meskipun terlihat sangat nyaman untuk dilakukan, kerap menyilangkan kaki saat duduk ternyata bisa memicu tekanan berlebihan pada pembuluh darah dan masalah pada sirkulasi darah. Alhasil, kita bisa mendapatkan masalah varises yang tentu akan merusak penampilan kaki kita, bukan?

Menyisir rambut setelah berkeramas
Kebiasaan ini ternyata bisa memicu masalah rambut bercabang. Pakar kesehatan menyarankan kita untuk mengeringkan rambut terlebih dahulu dengan handuk setelah berkeramas, namun jangan digosok-gosokkan dengan terlalu keras. Setelah lebih kering, barulah kita bisa menyisir rambut dengan aman.

Baca Juga:  Pilek Bisa Menyebabkan Kematian

Suka mengucek mata
Kebiasaan buruk ini bisa membuat mata kita mengalami iritasi sekaligus membuat bulu mata rontok. Alih-alih mengucek mata, ada baiknya kita mulai membiasakan diri untuk mengistiratkan mata saat menatap komputer selama 20 detik setiap 20 menit.