Kebiasaan di Pagi Hari ini Ternyata Tidak Baik Bagi Kesehatan

DokterSehat.Com – Kebiasaan-kebiasaan berikut ini cukup banyak dilakukan oleh banyak orang sehingga dianggap sebagai hal yang wajar untuk dilakukan di pagi hari. Padahal, dalam realitanya, pakar kesehatan sama sekali tidak merekomendasikannya karena tidak baik bagi kesehatan kita. Apa sajakah kebiasaan yang tidak sehat tersebut?

doktersehat-minum-air-botol

Banyak minum air putih
Sangat wajar untuk merasa haus di saat bangun tidur mengingat kita sudah berjam-jam tidak mengkonsumsi apapun, termasuk air. Sebagian dari kita pun akan langsung meminum cukup banyak air putih untuk mengatasi rasa haus ini. Memang, dengan mengkonsumsi banyak air putih, kita akan menjaga tubuh terhidrasi dengan baik dan membuat ginjal menjadi sehat. Sayangnya, andai kita terlalu banyak minum air putih, dikhawatirkan kita akan mengalami hiponatremia, kondisi dimana kadar natrium merosot drastis di dalam darah. Alhasil, kita justru akan lesu, mual-mual, hingga mengalami kejang-kejang.

Olahraga sebelum matahari terbit
Banyak orang yang sudah berolahraga sebelum matahari terbit karena ingin mendapatkan udara yang masih segar. Sayangnya, menurut pakar kesehatan, hal ini justru akan membuat sistem metabolisme tubuh mengalami gangguan. Andai kita kerap melakukannya, dikhawatirkan kita juga akan membuat sistem kekebalan tubuh menurun sehingga kita pun akan lebih mudah terkena infeksi virus dan bakteri. Berolahragalah saat matahari mulai terbit agar kita bisa menikmati manfaat vitamin D dan kehangatannya.

Langsung menyikat gigi setelah makan
Menyikat gigi setelah makan memang dianjurkan oleh pakar kesehatan, namun, bukan berarti kita benar-benar langsung melakukannya setelah makan baru saja selesai. Pakar kesehatan drg Roseita Dewi dari FKG Universitas Indonesia menyebutkan jika ada baiknya kita menunggu beberapa saat setelah makan sebelum menyikat gigi. Andai kita langsung menyikat gigi setelah makan, apalagi jika yang dimakan adalah makanan yang kaya kandungan gula dan asam, maka bagian enamel gigi bisa terkikis begitu kita menyikat gigi. Cobalah untuk berkumur dengan air putih terlebih dahulu agar kadar keasaman pada gigi menjadi lebih netral sehingga struktur gigi pun tidak akan mudah rusak.

Sembarangan meminum suplemen
Pakar kesehatan menyarankan pria untuk tidak sembarangan meminum suplemen vitamin E karena bisa meningkatkan resiko kanker prostat. Beberapa jenis suplemen lain juga sangat tidak baik untuk dikonsumsi dalam jangka waktu yang lama. Pakar kesehatan sendiri lebih menyarankan kita menjaga pola makan yang sehat alih-alih mengkonsumsi suplemen vitamin.