Kebiasaan di Pagi Hari Ini Ternyata Bisa Membuat Kita Mudah Gemuk

DokterSehat.Com – Menurut pakar kesehatan Pierce Thompson, PhD yang berasal dari Institute for Sustainable Weight Loss, apa yang kita lakukan setelah bangun pagi ternyata bisa mempengaruhi kecenderungan kita untuk mengalami kegemukan atau tidak. Sebenarnya, kebiasaan apa saja yang kita lakukan di pagi hari yang bisa membuat kita lebih mudah gemuk?

doktersehat-kasur-bangun-tidur-sehat-wanita

Telat bangun
Banyak orang yang malas bangun pagi karena suhu udara yang dingin atau karena tidur terlalu larut. Padahal, menurut pakar kesehatan, andai kita bangun tidur lebih dari jam 7 pagi, ada kecenderungan sistem yang bekerja dalam tubuh menjadi kacau sehingga kita pun lebih beresiko terkena obesitas sekaligus menambah tumpukan lemak dalam tubuh.

Malas merapikan tempat tidur setelah bangun
Meskipun hal ini sebenarnya sangat mudah untuk dilakukan, dalam realitanya cukup banyak orang yang malas merapikan tempat tidur. Menurut Thompson, kebiasaan malas membersihkan tempat tidur ini bisa membuat bakteri dan virus berkembang biak dengan pesat pada tempat tidur. Selain itu, karena malas merapikannya, kita akan cenderung kurang bersemangat seharian sehingga akhirnya juga malas melakukan olahraga yang sebenarnya bisa membantu pembakaran lemak dan kalori tubuh.

Tetap membiarkan kamar gelap
Jendela yang tak kunjung dibuka atau bahkan gorden yang terus tertutup membuat sinar matahari dan udara pagi yang segar tidak bisa memasuki tempat tidur kita. Menurut jurnal kesehatan berjudul PLoS One, kebiasaan ini ternyata bisa membuat kita lebih mudah terkena kegemukan, stress, depresi, dan suasana hati yang tidak stabil seharian.

Tidak sarapan
Sebagian orang memilih untuk tidak mengkonsumsi sarapan demi menurunkan berat badannya. Padahal, menurut pakar kesehatan, tidak mengkonsumsi sarapan justru akan membuat kita lebih mudah terkena kegemukan. Tanpa adanya sarapan sebagai sumber energi, kita justru akan menjadi lemas, kurang fokus, mudah stress, dan pada akhirnya memicu kebiasaan mengkonsumsi makanan dan camilan dalam jumlah berlebihan pada saat siang atau malam hari. Tak hanya itu, kebiasaan ini akan merusak sistem metabolisme tubuh kita.