Kebiasaan di Kamar mandi yang perlu dihindari

DokterSehat.Com – Kebersihan kamar mandi merupakan suatu hal yang penting untuk menjaga kesehatan keluarga karena kamar mandi merupakan suatu media transfer kuman dari orang per orang. Kita semua tentu sudah tahu bagaimana cara menjaga kebersihan kamar mandi, serta menjauhkan kemungkinan kontaminasi yang bisa timbul darinya. Namun, apakah cara-cara tersebut menjamin kamar mandi kita benar-benar . Berikut adalah kebasaan kebiassaan d kamar mandi yang perlu kita hindari



Saat menyiram toilet tutuplah penutupnya. Menurut survey, apabila tidak menutup penutupnya pada saat kita menyiram , mikroorganisme yang terdapat pada air, atau partikel kecil sisa kotoran yang ada di toilet dapat menyebar paling tidak hingga jarak 1,8 m.

Menyimpan sikat gigi di dalam lemari atau rak tertutup. Mungkin Parents berpikir, bahwa menyimpan sikat gigi dalam lemari atau rak tertutup adalah salah satu cara untuk menghindari kontaminasi bakteri dari toilet.

Kenyataannya, cara ini malah bisa menyebarkan bakteri. Membiarkan sikat gigi tersimpan dalam wadah tertutup, memungkinkan bulu-bulu sikat tidak akan mengering dengan sempurna. Kondisi ini sangat pas untuk pertumbuhan bakteri.

Cara yang terbaik adalah menyimpan sikat gigi dengan kondisi berdiri dan menghadap ke atas, serta menjauhkan bagian kepalanya dari sikat gigi anggota keluarga lain.

Membiarkan handuk mengering dan menggantung di kamar mandi. Mengeringkan handuk mandi setiap kali usai digunakan merupakan sebuah kebiasaan yang patut diacungi jempol. Hanya saja kebiasaan itu akan benar-benar efektif apabila handuk dikeringkan dengan cara dibentangkan.

Bila cara mengeringkan dengan digantung begitu saja, maka kelembaban handuk, atau pun sisa-sisa sabun yang mungkin ada, akan tertinggal pada lipatan-lipatan handuk. Lipatan itulah yang nantinya akan menjadi tempat bakteri tumbuh.

Baca Juga:  BPOM: Dua Persen Dari Obat yang Ada di Pasaran Diyakini Adalah Obat Palsu

Ada baiknya gantung handuk di tempat lain agar lebih cepat kering.

Menggunakan spons mandi dalam jangka waktu yang lama. Bakteri sangat suka tumbuh di peralatan mandi yang satu ini. Permukaan spons yang berlubang-lubang dibuat guna menahan sabun dan air saat kita menggosok tubuh. Sayangnya, permukaan semacam itu justru tempat favorit bakteri untuk berkembang biak.