Kebiasaan Buruk yang Memicu Timbulnya Back Pain

DokterSehat.Com – Low Back Pain atau LBP merupakan gangguan muscoloskeletal yang menyerang sekitar 80 % dari populasi dewasa dengan derajat kesakitan yang berbeda-beda. Gejala LBP berkisar pada sakit otot yang menusuk atau nyeri, kaku/keterbatasan rentang gerak, atau ketidakmampuan berdiri tegak. Kadang-kadang, rasa sakit yang dirasakan di pinggang dapat menjalar sampai ke tempat lain dari tubuh.

3

LBP juga dikenal sebagai nyeri pinggang. Penyebabnya sangat bervariasi antara lain: Kebiasaan bersikap buruk (bad posture) yang terakumulasi selama bertahun-tahun. bodi mekanik yang salah, stres, kebiasaan dalam bekerja, berkurangnya kelenturan tubuh, kemunduran kemampuan fisik , kecelakaan, dan masih banyak lagi, misal karena kehamilan, gangguan ginjal, maupun tumor. Aktivitas duduk di depan layar computer selama berjam-jam membuat pergerakan tulang belakang menjadi sangat kurang. Terkadang karena terlalu lama duduk, pergerakan yang tiba-tiba dilakukan dapat menyebabkan peregangan tulang belakang yang selanjutnya akan menimbulkan gejala nyeri pinggang.

Berikut beberapa kebiasaan buruk yang memicu timbulnya back pain :

  • Duduk lama sepanjang hari
    Duduk sepanjang hari dengan layar monitor didepan kita memang sebuah pekerjaan yang lebih ringan jika dibandingkan dengan pekerjaan yang menuntut kita terjun kelapangan berjalan-jalan. Namun, tahukah anda ternyata pekerjaan seperti ini berbahaya, terutama bagi anda yang mengabaikan postur tubuh tepat sewaktu duduk seharian. Duduk seharian didepan komputer dapat menyebabkan otot punggung menjadi melemah sebab otot tidak aktif. Selain itu, duduk juga menempatkan 40% lebih banyak tekanan pada tulang belakang dibandingkan dengan berdiri. Untuk itu, beralihlah ke standing desk, dengan menggunakan fasilita standing desk, maka dapat membantu anda menjaga inti dan otot punggun terlibat sepanjang hari. Hanya saja, jika mendapatkan standing desk tidak memungkinkan untuk anda, maka atur posisi duduk 135 derajat sudut. Hal ini dapat mengurangi kompresi dari cakram tulang belakang. Selain itu, pastikan kepala anda lurus, dan tidak menegang ke depan saat menggunakan kompute
  • Menggendong tas besar
    Jika anda adalah tipikal orang yang selalu membawa smeua barang penting masik ke dalam tas yang anda gndong, maka ketika sakit punggung atau back pain anda rasakan jangan aneh. Membawa beban berat pada satu sisi tubuh akan menyebabkan bahu anda menjadi tidak seimbang sehingga tulang belakang andapun menjadi tidak seimbang. Untuk itulah sebaiknya bawalah beban secukupnya, jika kondisi mengharuskan anda membawa banyak barang, maka alternatifnya adalah kantongi sebagian barang lainnya.
  • Tidur diatas kasur tua
    Sebuah penelitian menjelaskan bahwa pemakaian masa kasur yang baik adalah 9 hingga 10 tahun. Nah, jika keluhan back pain anda rasakan, coba ingat-ingat kembali mungkin masa pakai kasur anda sudah terlalu tua. Untuk itu, ganti kasur anda dengan kasur yang tidak terlalu keras dan tidak terlalu empuk. Kasur busa bisa menjadi alternatif sebab kasur busa akan membentuk kontur tubuh anda yang memungkinkan tulang anda tetap terjaga lurus sepanjang malam.
  • Stres
    Ketika anda mengalami stress, sleuruh tubuh anda termasuk otot-otot yang ada dileher dan punggung akan berkontraksi menegang. Sementara itu, jika anda terus-menerus mengalami stres, maka otot-otot yang ketat dan tegang tidak akan mendapatkan kesempatan untuk bersantai, jika hal ini terjadi maka rasa sakit mungkin akan anda rasakan. Untuk itu, sebisa mungkin hindari tubuh anda dari penyebab stres dengan banyak melakukan olahraga dan konsumsi makanan sehat seperti sayur dan buah serta dapatkan waktu istirahat yang cukup.