Kebiasaan Buruk yang Kerap Kita Lakukan Ini Ternyata Berbahaya Bagi Kesehatan Tulang

DokterSehat.Com– Salah satu bagian tubuh yang sangat penting namun kerap kita abaikan kesehatannya adalah tulang. Padahal, tanpa adanya tulang, kita tentu akan kesulitan melakukan aktifitas sehari-hari. Yang menjadi masalah adalah, kita sering melakukan kebiasaan buruk yang bisa memicu pengeroposan tulang atau masalah kesehatan tulang lainnya. Apa sajakah kebiasaan buruk tersebut?

doktersehat-punggung-sakit-pinggang-tulang-belakang-hernia

Merokok
Banyak orang yang berpikir jika rokok hanya berbahaya bagi paru-paru saja. Padahal, dalam realitanya hampir semua bagian tubuh kita akan terpengaruh oleh racun dari rokok ini, termasuk tulang kita. Laman Healthguidance.org menyebutkan bahwa wanita yang suka merokok akan cenderung mengalami penurunan hormon estrogen, hormon yang sangat penting bagi menjaga kesehatan tulang. Mereka yang merokok juga mengalami kesulitan dalam menyerap kalsium dari makanan sehingga cenderung memiliki tulang dengan ukuran lebih kecil dan massa yang lebih rendah.

Pola makan tidak sehat
Jika kita mengadopsi pola makan yang tidak sehat, khususnya dalam hal mengkonsumsi terlalu banyak garam, soda, kafein, atau daging merah, maka kita cenderung kekurangan asupan kalsium yang sangat penting dalam menjaga kesehatan tulang.

Pastikan untuk mengkonsumsi makanan dengan kadar gizi yang seimbang setiap hari. Kita juga bisa mengkonsumsi susu yang kaya kalsium sehingga bisa mendukung kesehatan serta kekuatan tulang dalam tubuh.

Kurang tidur
Dalam sebuah penelitian yang hasilnya dipublikasikan dalam Journal Evidence-Based-Medicine, disebutkan bahwa kebiasaan kurang tidur bisa menurunkan kesehatan tulang dan sumsung tulang sekaligus membuat tulang menjadi tidak padat. Hal ini tentu akan meningkatkan resiko terkena osteopenia dan osteoporosis di masa depan.