Kebiasaan Buruk Yang Bisa Merusak Kesehatan

DokterSehat.Com – Belum terlambat untuk membalikkan kebiasaan buruk dalam hidup kita untuk memulai hidup lebih cerdas, dan lebih sehat. Dari duduk sepanjang hari hingga tertidur dalam kubikel kita, kebiasaan ini dapat merusak kesehatan kita.

19

Berikut kebiasaan yang berbahaya bagi kesehatan :

  • Duduk terlalu lama
    Bukti-bukti menunjukkan bahwa duduk berjam-jam dikaitkan dengan sejumlah masalah kesehatan, seperti diabetes tipe 2 dan kematian akibat penyakit jantung. Penelitian menemukan duduk kurang dari tiga jam sehari bisa meningkatkan harapan hidup dua tahun. Jika memiliki pekerjaan tetap, cobalah lima menit berjalan-jalan untuk setiap satu jam duduk. Setidaknya selama kerja 8 jam, kita sudah berjalan-jalan selama 40 menit.
  • Mendengarkan musik terlalu keras
    Musik yang terlalu keras di headphone akan menyebabkan kerusakan pendengaran. Para peneliti menemukan bahwa setelah mendengarkan pop-rock melalui headphone (selama 60 menit dengan volume 50-100 persen), akan menderita kerusakan pendengaran dalam jangka pendek. Apabila lebih sering, maka dapat menyebabkan kerusakan tetap pada pendengaran.
  • Tidur dngan lampu menyala
    Pada akhir hari yang panjang, kita kadang tergoda untuk tertidur menonton TV di ruang tamu, itu berarti lampu menyala. Penelitian menunjukkan bahwa tidur dengan lampu menyala dalam menekan tingkat melatonin dalam tubuh. Tidak hanya kualitas tidur memburuk, tetapi juga mempengaruhi pengaturan suhu tubuh, kadar glukosa, dan tekanan darah. Sebaiknya semua lampu sebelum tidur.
  • Mengucek-ucek mata
    Mengucek-ucek mata dapat meningkatkan tekanan cairan di dalam mata hampir sepuluh kali dari jumlah biasa. Sering menggosok dapat menyebabkan masalah mata terkait dengan tekanan intraokular, termasuk miopia dan glaukoma (yang bisa menyebabkan kebutaan). Jika mata kering, sebaiknya hubungi dokter mata yang mungkin meresepkan obat tetes mata untuk mengobati gatal pada mata.
  • Tidak menggunakan benang gigi
    Menyikat gigi membersihkan bagian depan dan belakang gigi. Tapi sikat gigi tidak bisa membersihkan makanan yang terjebak di antara kedua gigi. Makanan ini akan berubah menjadi bakteri yang dapat menimbulkan korosi enamel dan kerusakan gigi. Tidak hanya itu, juga menyebabkan penyakit gusi, saluran akar, dan gigi. Untuk itu, sikat gigi tiga kali sehari, dan gunakan benang gigi sebelum pergi ke tempat tidur untuk menghindari kerusakan gigi saat tidur.
  • Menggigit kuku
    Menggigit kuku membuat tangan tidak sedap dipandang mata. Selanjutnya, menggigit kuku akan mengganggu pertumbuhan kuku normal, dan juga menyebabkan kerusakan pada lapisan luar gigi. Selain itu, bakteri berbahaya yang berkembang di bawah kuku  bila digigiti mungkin akan membuat kita rentan terhadap infeksi dan penyakit.  Untuk itu jagalah agar kuku tetap pendek, agar menghindari dorongan untuk menggigit kuku.
  • Minum terlalu banyak suplemen
    Suplemen memang dapat melengkapi kekurangan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh. Tetapi kita bisa mendapatkan efek sampingnya jika mengambilnya terlalu banyak. Misalnya, mengambil terlalu banyak suplemen vitamin C dapat menyebabkan batu ginjal, mual, gastritis, dan diare berat. Jika kita mengikuti pola diet seimbang dan tidak menderita hingga kondisi kesehatan kronis, mungkin kita tidak memerlukan nutrisi tambahan dalam dosis besar. Sebaiknya konsultasikan dengan dokter sebelum memulai mengambil suplemen apapun.