Kebiasaan Buruk Perusak Gigi

DokterSehat.Com – Memiliki gigi yang putih dan sehat tentu mampu menambah rasa percaya diri seseorang untuk tetap selalu tersenyum. Memiliki gigi yang sehat ternyata tak hanya bisa terwujud dengan menyikat gigi secara teratur, tetapi juga harus menjaga gigi dari segala hal yang dapat merusaknya.

11

Berikut beberapa kebiasaan buruk yang mungkin sering kali Anda lakukan padahal dapat merusak gigi :

  1. Sering mengigit es batu
    Suhu es batu yang dingin dan teksturnya yang keras dapat membuat gigi menjadi rapuh dan mudah patah sehingga gigi menjadi tajam dan dapat melukai lidah.
  1. Membuka botol minuman dengan gigi
    Banyak sekali orang yang menggunakan giginya untuk membuka botol. Nah ini merupakan salah satu kebiasaan buruk juga.Padahal tutup botol kan keras, begitupun dengan gigi.Akhirnya gigi bisa pecah karena tutup botol.Gigi menjadi mudah trauma.
  1. Membuka bungkus makanan dengan gigi
    Seringkah kita membuka bungkus makanan dengan gigi? Kalau iya segera tinggalkan kebiasaan buruk ini karena tarikan pada bungkus makanan yang kita gigit akan menarik kuat akar gigi. Gigi menjadi goyang bahkan bisa copot.
  1. Menghisap lemon atau belimbing wuluh
    Belimbing wuluh dan lemon mengandung asam sitrat yang dapat merusak mineral penting yang ada pada gigi. Sehingga gigi menjadi keropos dan mudah patah.
  1. Minum-minuman berkarbonasi
    Minuman berkarbonasi dapat menyebabkan gigi menjadi rapuh dan keropos, akibat kandungan asam dan gula yang tinggi sehingga mudah sekali berlubang. Akhirnya menjadi tempat berdiam kuman.
  1. Menggigit kuku
    Saat stress biasanya sebagian orang akan menggigit kuku jarinya. Hal ini bisa membuat kuman mudah masuk ke dalam mulut, akhirnya gigi dimakan kuman dan keropos
  1. Mengkrikiti benda keras seperti pinsil
    Mengkrikiti pulpen atau pinsil juga merupakan kebiasaan yang sering dilakukan saat kita berpikir, tertekan atau stress yang dapat berdampak pada patahnya gigi.
  1. Menyikat gigi dengan kencang
    Menyikat gigi dengan kencang juga dapat merusak gigi dan gusi karena enamel pelindung gigi bisa rusak