Kebiasaan Buruk Menghisap Jempol Pengaruhi Cara Berbicara Anak

DokterSehat.Com – Salah satu ciri khas anak-anak yang sering kita ketahui adalah kebiasannya untuk menghisap jempol. Jempol kerap kali dijadikan pengganti dari kebiasaan menyedot susu botol atau ASI. Hal ini biasanya terjadi secara alami karena kegiatan menyedot susu biasanya memberikan ketenangan bagi si anak sehingga anak pun terbiasa untuk menyedot jempol untuk menenangkan dirinya, khususnya sebelum tidur. Meskipun banyak anak yang lama-kelamaan meninggalkan kebiasaan ini, anak ternyata bisa mendapatkan dampak buruk jika menghisap jempol dalam waktu yang lama.

doktersehat-organ-genital-gatal-penyakit

Pengaruhi Pembentukan Rahang dan Gigi
Kebiasaan menghisap jempol pada anak ternyata bisa menyebabkan posisi yang tidak normal pada tatanan gigi maupun rahang. Kondisi ini kerap disebut sebagai maloklusi dimana anak yang terus menerus menghisap jempol dan dibiarkan orang tuanya hingga melebihi usia tiga tahun mendapati anaknya memiliki tatanan gigi yang cenderung tonggos. Banyak kasus dimana gigi sudah dikatupkan tapi bagian depan gigi masih tetap dalam kondisi yang terbuka. Masalah gigi tonggos ini bisa berpengaruh pada penampilan fisik si anak di masa depan.

Berdampak pada Pelafalan dan Cara Berbicara
Maloklusi sendiri bisa membuat rahang menjadi lebih runcing dimana tatanan gigi dan rahang justru berbentuk V dan lebih ramping, tidak seperti rahang normal yang cenderung lebar dan berbentuk U. Selain berpengaruh pada tampilan wajah, anak juga akan kesulitan mengucapkan huruf D atau T dengan mudah. Bagaimana hal ini bisa terjadi? Intensitas, frekuensi, hingga durasi penghisapan bisa berpengaruh besar pada bentuk rahang selain tekanan dan juga posisi jari. Memang, menghisap dot bisa memiliki pengaruh yang sama dengan kebiasaan menghisap jempol. Namun, banyak anak yang bahkan tanpa sadar menghisap jempolnya selama waktu tidur. Tekanan jempol yang memiliki ukuran besar dalam waktu yang lama tentu sedikit-demi sedikit akan menggeser tatanan gigi dan rahang.

Baca Juga:  Hal Yang Perlu Diwaspadai Untuk Menghindari Cedera Kaki Saat Berolahraga

Jika anda mendapati anak suka menghisap jempol. Jangan ragu untuk menegur sang anak dan katakan padanya jika kebiasaan ini tidak baik, khususnya dalam membuat bentuk wajah menjadi tidak seimbang. Jangan ragu untuk melarang anak melakukannya meskipun anak menangis karena ternyata hal ini juga demi kebaikan anak ke depannya.