Kebiasaan Buruk Memakai Headset Terlalu Lama

DokterSehat.Com – Headset adalah sebuah peralatan yang diciptakan bagi para pecinta musik untuk menikmati lagu-lagu kesayangan. Dengan adanya headset, manusia mampu menciptakan ruang pribadi untuk dirinya sendiri dalam menikmati waktu senggang atau saat menunggu. Kita tentu banyak melihat orang yang menggunakan headset saat menaiki transportasi umum. Disamping itu, headset juga banyak digunakan para pekerja untuk menambah konsentrasi dan meredakan stress. Sayangnya, penggunaan headset dalam jangka waktu lama ternyata sangat tidak baik untuk kesehatan karena lubang telinga langsung terpapar suara yang cukup kencang.

doktersehat-gadget-handphone-chat-earphone

Headset yang penuh dengan kuman tentu menjadi media ideal untuk memasuki lubang telinga dengan cepat. Bagaimana tidak, headset hampir tidak pernah dicuci apalagi dibersihkan sehingga kuman tentu akan dengan senang hati bersarang disana. Kuman dan bakteri yang memasuki telinga dengan mudah tentu akan membuat telinga mudah mengalami peradangan.

Selain mudah dimasuki kuman, dengan memakai headset dalam jangka waktu yang lama, telinga bisa mengalami kelelahan atau dalam bahasa medis disebut sebagai ear fatigue. Dengan adanya suara yang cukup keras dan terus-menerus, telinga akan cenderung lelah dan daun telinga atau lubang telinga akan cenderung terasa sakit. Dalam beberapa kasus, kelelahan ini bisa memicu rasa tidak nyaman dan rasa nyeri. Dalam beberapa kasus, telinga yang sering terpapar suara keras dari headset dalam waktu yang lama akan mendengung sehingga mengganggu pendengaran. Telinga juga bisa mengalami tuli sesaat, khususnya jika volume headset kita pasang di level yang sangat tinggi secara terus menerus. Jika hal ini dibiarkan begitu saja, telinga bisa jadi akan mengalami tulis secara permanen.

Beberapa pakar kesehatan menganjurkan penggunaan headset dalam sehari sebaiknya tidak lebih dari satu jam saja. Disamping itu, jangan terpacu untuk menggunakan volume yang sangat keras demi menikmati musik. Biasakanlah untuk menikmati musik dengan volume yang rendah karena dengan volume yang rendah ternyata sudah cukup untuk menikmati musik dan menurunkan resiko mendapatkan gangguan pendengaran.

Baca Juga:  Apa Penyebab Kanker Lambung?