Kebiasaan Buruk Makan Yang Tanpa Kita Sadari Kita Lakukan

DokterSehat.Com – Makan adalah salah satu kegiatan sehari-hari yang tidak mungkin kita lewatkan. Dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi, kita akan merasa kenyang dan tubuh bisa mengubah makanan tersebut menjadi energi yang kita butuhkan untuk melakukan banyak kegiatan sehari-hari. Dengan pola makan yang sehat, organ tubuh pun banyak yang terlindungi dan kesehatan tubuh secara keseluruhan pun akan jauh lebih baik. Sayangnya, kita kerap kali menyepelekan aktifitas makan dengan berpikir bahwa asalkan kita sudah makan, maka kita pun sudah memenuhi kebutuhan tubuh. Berikut adalah kebiasaan buruk makan yang sering kali kita lakukan tanpa sadari.

doktersehat-gemuk-gendut-obesitas

Masyarakat modern banyak yang mengkonsumsi makanan dengan menonton televisi. Kesibukan yang semakin padat kerap kali membuat kita makan, khususnya sarapan dan makan malam dengan melihat tayangan televisi yang menghibur. Sayangnya, kebiasaan ini ternyata bisa memicu obesitas. Penelitian di University of Illinois memaparkan fakta dimana kebisingan suara yang disebabkan oleh televisi ternyata bisa memicu seseorang untuk makan secara berlebihan dan memicu masalah obesitas.

Kita juga kerap kali mengkonsumsi makanan dengan porsi yang cenderung besar saat kita sudah merasa sangat lapar. Banyak orang berpikir jika dengan makan dengan porsi besar, maka rasa lapar pun akan benar-benar tuntas. Yang terjadi justru adalah kita mengkonsumsi makanan dengan berlebihan dan bisa memicu perut sebah. Cobalah untuk mengurangi porsi makanan dan memakannya secara perlahan mengingat trik ini akan lebih cepat membuat kita kenyang dan tetap mampu membuat berat badan tidak bertambah. Hindari pula makan dengan porsi besar meskipun kita sedang mengalami stress. Andai kita mengalami stress, cobalah untuk menghindari makanan dan melakukan hobi lain layaknya berolahraga atau berenang.

Baca Juga:  Kasus Hipertensi Yang Berlanjut Menjadi Gagal Ginjal Masih Tinggi di Indonesia

Kebiasaan buruk yang sering sekali dilakukan oleh banyak orang karena alasan keterbatasan waktu adalah melewatkan sarapan. Jika kita sering melakukannya, metabolisme tubuh akan mengalami gangguan karena minimnya kalori yang dibakar. Banyak kasus yang menunjukkan bahwa mreka yang tidak melakukan sarapan justru akan mengalami peningkatan berat badan karena bisa memicu rasa lapar yang membuat keinginan mamakan camilan bertambah.