Kebiasaan Buruk Ini Bisa Memicu Masalah Pada Organ Vital Pria

DokterSehat.Com – Sebagai organ tubuh yang menentukan kesuburan seorang pria dalam mendapatkan keturunan, penis tentu harus mendapatkan perhatian khusus agar selalu terjaga kesehatannya. Tak hanya untuk reproduksi, penis juga memiliki fungsi utama sebagai pembuangan urin yang tentu berkaitan erat dengan kesehatan tubuh secara keseluruhan. Sayangnya, kini semakin banyak pria yang tidak melakukan gaya hidup yang sehat dan pada akhrinya memicu masalah kesehatan para organ vitalnya. Berikut adalah beberapa kebiasan buruk yang sangat tidak baik bagi organ vital pria.

doktersehat-pasangan-couple-masalah-seks-impotensi-ejakulasi-dini-klamidia

Pria Indonesia cenderung identik dengan merokok. Entah apa penyebabnya, banyak pria yang menganggap pria yang tidak merokok terkesan kurang jantan. Padahal, jika pria menjadi pecandu rokok, kejantanannya justru berpotensi mengalami masalah besar. Pakar kesehatan menyebutkan jika dengan merokok, pria akan berpotensi terkena aterosklerosis atau kondisi dimana pembuluh darahnya dipenuhi dengan penumpukan plak. Jika hal ini terjadi, dikhawatirkan aliran darah ke penis bisa mengalami hambatan dan pada akhirnya memicu masalah disfungsi ereksi. Selain itu, kandungan rokok yang beracun ternyata bisa berimbas pada menurunnya kualitas sperma yang bisa berakibat fatal bagi kesuburan pria.

Selain rokok, ada banyak pria yang hobi menenggak alkohol. Padahal, alkohol juga bisa ikut membuat masalah pada pembuluh darah, khususnya yang menuju ke arah penis sehingga menyebabkan masalah disfungsi ereksi. Konsumsi alkohol berlebihan juga bisa memicu masalah dehidrasi yang tentu akan membuat volume darah di tubuh semakin berkurang.

Kini, semakin banyak pria yang hobi mengkonsumsi makanan berlemak. Rasa yang enak dari makanan ini tentu berpotensi membuat pria terkena obesitas atau kelebihan berat badan. Jika hal ini terjadi, dikhawatirkan penis pria akan cenderung tenggelam dan bisa mengurangi stamina seksualitas seorang pria. Selain itu, obesitas juga berperan besar dalam semakin tidak seimbangnya hormon dalam tubuh yang tentu berimbas langsung pada kesehatannya.