Kebiasaan Buruk Ini Bisa Membuat Metabolisme Tubuh Terganggu

DokterSehat.Com – Selain pada proses pencernaan, metabolisme tubuh bisa mempengaruhi kesehatan tubuh secara keseluruhan. Sebagai contoh, mereka yang mengalami masalah pada metabolisme tubuhnya akan beresiko mengalami kegemukan atau obesitas yang bisa memicu berbagai masalah kesehatan yang parah. Metabolisme pada tubuh seringkali dipengaruhi oleh kebiasaan mengkonsumsi makanan dan juga aktifitas olahraga. Selain itu, beberapa kebiasaan ternyata bisa mempengaruhi metabolisme pada tubuh seperti sebagai berikut.

doktersehat-gemuk-gendut-obesitas

Anda pekerja kantoran yang sering duduk dalam waktu yang lama seharian? Pakar kesehatan menyebutkan jika kebiasaan duduk dalam waktu yang lama, yakni tiga jam atau lebih ternyata bisa meningkatkan resiko terkena masalah metabolisme tubuh. Masalah metabolisme ini bisa menyebabkan penyakit-penyakit berbahaya layaknya penyakit jantung, tekanan darah tinggi, obesitas, hingga diabetes. Dengan duduk terlalu lama, otot-otot pada tubuh akan kurang aktif dalam membakar lemak sehingga produksi hormon insulin terganggu dan menyebabkan masalah pada metabolisme tubuh.

Kebanyakan masyarakat masih kurang mampu menjaga kebersihan tubuh dan lingkungan, khususnya yang berkaitan dengan makanan. Mereka yang jarang mencuci tangan dan tidak mencuci bahan makanan dengan bersih ternyata bisa memicu masalah pada metabolisme tubuh. Dengan jarang mencuci tangan, tubuh ternyata bisa mendapatkan virus pernafasan bernama adenovirus-36 yang bisa menjadi sel induk bagi sel lemak pada tubuh sehingga memicu permasalahan pada metabolisme. Selain itu, bahan makanan yang tidak dibersihkan dengan baik ditakutkan akan menyisakan bahan-bahan berbahaya layaknya pestisida atau bahan kimia lainnya yang tentu akan kurang baik bagi kesehatan tubuh. Pakar kesehatan bahkan menyebutkan jika bahan-bahan tersebut bisa memicu gangguan pada metabolisme tubuh dengan signifikan.

Anda kurang menyukai masakan yang pedas? Bisa jadi anda akan mengalami gangguan metabolisme meskipun persentasenya relatif sangat kecil. Makanan yang pedas karena memiliki kandungan cabai yang cukup banyak ternyata terbukti mampu membuat metabolisme tubuh menjadi lebih cepat. Dengan mengkonsumsi makanan pedas, tubuh akan melepaskan hormon yang bisa mengendalikan nafsu makan sehingga tubuh pun akan meminimalisir resiko terkena obesitas atau kegemukan.