Kebiasaan Buruk Ini Bisa Membuat Kita Meningkatkan Kadar Kolesterol Dengan Cepat

DokterSehat.Com – Salah satu isu kesehatan yang cukup memprihatinkan bagi pakar kesehatan di seluruh dunia adalah buruknya pola makan kebanyakan orang di seluruh dunia. Memang, dalam realitanya makanan yang tidak sehat akan cenderung lebih nikmat untuk dikonsumsi jika dibandingkan dengan makanan-makanan yang sehat. Padahal, andai kita kerap mengkonsumsi makanan-makanan tidak sehat ini, maka kadar kolesterol dalam tubuh bisa meningkat dengan cepat dan bisa memicu berbagai masalah kesehatan yang sangat berbahaya. Sebenarnya, apa sajakah kebiasaan buruk kita sehari-hari yang bisa memicu kenaikan kadar kolesterol tubuh dengan cepat?

doktersehat-burger-junkfood-makan-kolesterol

Pola makan yang sangat buruk
Sebagaimana sudah kita sebutkan sebelumnya, konsumsi makanan yang tidak sehat, khususnya daging olahan, gorengan, mentega, hingga daging yang sudah kaya akan lemak akan bisa meningkatkan tingginya kadar kolesterol dalam tubuh. Pada bahan-bahan makanan tersebut, kita bisa menemukan kandungan lemak jenuh dan lemak trans yang akan membuat kolesterol dalam tubuh kita meningkat dengan tajam.

Tidak menjaga berat badan
Gemuk menunjukkan bahwa kita hidup dengan makmur. Istilah ini sebaiknya mulai kita hilangkan karena dalam realitanya, gemuk justru menandakan adanya masalah kesehatan pada tubuh. Biasanya, tubuh yang kegemukan akan memiliki kadar kolesterol jahat yang cukup tinggi dan justru menurunkan kadar kolesterol baik (HDL) dengan signifikan.

Tidak pernah berolahraga
Dengan banyak beragerak, maka sistem metabolism akan berjalan dengan baik dan tubuh pun akan lebih baik dalam mengendalikan kadar kolesterol. Sebaliknya, saat kita sudah malas untuk berolahraga, maka kadar kolesterol baik pun semakin menjadi tidak terkenali dan membahayakan kesehatan tubuh.

Suka merokok
Merokok memang bisa memberikan berbagai macam kerugian bagi kesehatan tubuh. Termasuk diantaranya adalah meningkatkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh. Padahal, peningkatan kadar kolesterol tubuh akan membuat kita menjadi lebih mudah terkena berbagai penyakit berbahaya.