Kebiasaan Buruk di Meja Kerja Ini Banyak Dilakukan Oleh Pekerja Kantoran

DokterSehat.Com – Meja kerja adalah salah satu fasilitas bekerja yang selalu ditemukan di area perkantoran. Pada meja kerja inilah kita bisa melakukan berbagai macam tugas. Sayangnya, banyak dari kita yang masih menghabiskan waktu di tempat kerja dengan melakukan berbagai kebiasaan yang bisa memberikan dampak buruk bagi kesehatan tubuh. Apa sajakah kebiasan buruk di meja kerja tersebut?

doktersehat-gemuk-gendut-obesitas

Terlalu banyak duduk
Saat terlalu asik bekerja, banyak dari kita yang lupa waktu sehingga akhirnya duduk hingga berjam-jam lamanya tanpa sempat berdiri atau melakukan peregangan. Padahal, menurut pakar kesehatan, kebiasaan ini bisa membuat aliran darah kurang lancar dan akhirnya memicu kinerja otak yang lebih lambat. Jika kita kerap melakukan hal ini setiap hari, maka kita akan meningkatkan resiko terkena sakit kepala, nyeri leher, dan juga nyeri punggung.  Karena alasan inilah ada baiknya kita kerap melakukan peregangan atau setidaknya berjalan menikmati pemandangan di jendela sesekali dalam beberapa jam agar tubuh tetap terasa bugar.

Mendengarkan musik dengan volume tinggi
Sebagian pekerja kantoran ternyata baru bisa berkonsentrasi andai mendengarkan musik. Sayangnya, karena tidak ingin mengganggua rekan kerja, mereka memilih untuk menggunakan earphone dengan volume yang tinggi. Padahal, andai kita sering melakukannya dalam waktu lebih dari 90 menit setiap hari, maka kita bisa memicu kerusakan telinga. Sebuah penelitian bahkan menyebutkan jika kerap mendengarkan musik dengan volume yang tinggi akan menurunkan fungsi pendengaran kita secara berkala.

Suka makan di meja kerja
Makan siang sembari membaca artikel berita atau melihat video di internet memang kini kerap dilakukan oleh pekerja kantoran. Tak hanya itu, banyak dari kita yang juga dengan enteng mengkonsumsi camilan tidak sehat sambil bekerja. Tak hanya bisa membuat kita terkena obesitas, kebiasaan ini bisa membuat remah-remah makanan bertebaran di meja kerja dan di malam hari, hal ini bisa mengundang tikus, semut, hingga kecoa. Hal ini tentu membuat meja kerja menjadi lebih kotor dan menjadi sarang penyakit.