Kebiasaan Berikut Bisa Memicu Rasa Sakit Pada Leher

DokterSehat.Com – Aktifitas sehari-hari ternyata bisa membuat rasa nyeri pada beberapa bagian tubuh kita, khususnya pada area leher. Tahukah anda, pakar kesehatan sendiri menyebutkan jika rasa sakit pada leher adalah hal yang sangat umum dirasakan dan dialami setidaknya oleh 67 persen orang di seluruh dunia. Sakit pada leher tentu akan membuat kita tidak nyaman untuk melakukan berbagai banyak hal, bukan? Berikut adalah beberapa aktifitas harian yang meskipun terlihat sepele, tetapi ternyata memberikan kontribusi besar dalam menyebabkan sakit leher.

doktersehat-tulang-belakang

Hal pertama yang akan memicu rasa sakit pada leher adalah jika kita memiliki kebiasaan membungkuk. Membungkuk sendiri bisa tanpa kita sadari dilakukan saat berdiri, berjalan, duduk, atau bahkan saat bekerja dan menatap layar komputer. Dengan posisi membungkuk, maka tekanan yang ada pada leher pun akan cukup besar sehingga memicu rasa pegal-pegal maupun nyeri yang berkepanjangan.

Rasa sakit pada leher juga kerap kali disebabkan oleh kebiasaan anak muda yang kini suka memainkan gadgetnya. Tanpa kita sadari, pemakaian ponsel atau gadget lain dalam waktu yang lama ternyata bisa memicu nyeri leher. Saat memainkan gadget, kita hanya fokus pada layar gadget saja dan jika kita melakukannya dengan posisi berdiri atau duduk, posisi gadget yang berada di bawah pun membuat kepala kita tertunduk dalam waktu yang lama. Selain menyebabkan sakit pada leher, kebiasaan ini ternyata juga bisa memicu masalah kesehatan pada otak dan juga saraf.

Gaya hidup buruk dengan mengkonsumsi alkohol dan kebiasaan merokok ternyata juga bisa memicu rasa sakit pada leher. Rokok dan kandungan racunnya yang terhisap oleh tubuh akan memicu masalah kesehatan pada tulang belakang dan leher. Racun dari rokok ternyata bisa memicu penyempitan pada pembuluh darah di area leher dan punggung sehingga asupan oksigen ke bagian tulang belakang pun cenderung semakin menyusut dan memicu sakit leher. Selain itu, kandungan alkohol juga secara tidak langsung mempengaruhi kesehatan leher dan tulang punggung sehingga sebaiknya kita hindari.