Kebiasaan Baik Yang Ternyata Bisa Merugikan Kesehatan

Dokter Sehat – Untuk menjaga kesehatan, kita disarankan untuk melakukan beberapa kebiasaan yang mendasar, seperti makan teratur, berolahraga, cukup tidur, menjaga kebersihan, dan lain sebagainya. Mungkin kelihatannya mudah, namun ternyata jika dilakukan tidak sesuai dengan aturan, bisa saja hal-hal yang kita pikir baik untuk kesehatan justru berakibat sebaliknya.

8

Macam-macam kebiasaan yang bisa merugikan kesehatan:

1. Menggunakan pembersih tangan
Hand sanitizer atau pembersih tangan yang biasanya dibawa ke mana-mana oleh wanita dan digunakan untuk membersihkan kuman, tetapi ternyata hand sanitizer gel ini tidak selalu memberikan efek bersih pada tangan. Hand sanitizer mengandung triclosan yang justru dapat meningkatkan daya tahan bakteri atau virus terhadap antibiotic, untuk itu Anda dihimbau untuk memilih hand sanitizer yang setidaknya memiliki kandungan 55% alkohol yang dapat membunuh 98% bakteri.

2. Menyikat gigi setiap habis makan
Menyikat gigi setiap habis makan adalah ide yang buruk untuk menjaga kesehatan gigi, Makanan dapat meninggalkan asam pada gigi yang melemahkan enamel, dan menyikat enamel ini akan membuat enamel pergi sehingga gigi kehilangan perlindungan. Untuk mengusir semua partikel sisa di mulut, cukup berkumur saja sehingga tidak ada sisa makanan yang masih tertinggal di rongga mulut. Sedangkan untuk menyikat gigi, cukup dilakukan dua kali sehari.

3. Melewatkan makan pagi
Sarapan adalah hal yang terdengar mengerikan bagi sebagian besar wanita, kabarnya takut gemuk kalau pagi-pagi sudah makan. Padahal yang seharusnya terjadi adalah Anda harus pandai memilih makanan yang dikonsumsi saat sarapan, dengan beraktivitas ketika perut kenyang, Anda tidak akan mengonsumsi kalori berlebihan.

4. Minum air kemasan
Ketahuilah bahwa air minum kemasan hanyalah air yang melewati penyaringan selama beberapa kali, sama halnya dengan air keran biasa. Sedangkan air mineral adalah air minum yang sudah ditambah mineral yang memang dibutuhkan tubuh. Jadi, belum tentu memperbanyak konsumsi air kemasan itu menyehatkan tubuh, karena akan jauh lebih baik apabila yang Anda konsumsi adalah air mineral.

Baca Juga:  Manfaat Air Cucian Beras untuk Wajah dan Kulit

5. Terlalu fokus pada cardio
Cara terbaik untuk menurunkan berat badan adalah cardio, karena cardio membantu membakar lemak dalam intensitas latihan yang semakin banyak. Namun hanya melakukan cardio saja tidak akan membuat Anda benar-benar bugar, latihan yang terbaik untuk tubuh selain melakukan cardio adalah mencampurnya dengan latihan lain seperti angkat beban.

6. Mengkonsumsi terlalu banyak suplemen
Di dalam suplemen memang terkandung banyak mineral dan vitamin, tetapi sebaiknya Anda mengikuti cara pemakaian dan aturan minum. Terlalu banyak vitamin atau mineral yang masuk ke dalam tubuh juga dapat merugikan tubuh, misalnya vitamin A dalam dosis besar dapat meracuni janin, vitamin C dalam dosis besar bisa menyebabkan masalah pencernaan serta mengganggu kerja obat anti diabetes, terlalu banyak mengonsumsi vitamin B6 dapat menyebabkan kerusakan sel syaraf.