Kebiasaan BAB Ini Bisa Menambah Resiko Wasir

DokterSehat.Com – Asalkan bisa buang air besar setiap hari, kita akan cenderung sudah merasa baik-baik saja dengan kondisi kesehatan tubuh. Padahal, kadangkala kita memiliki kebiasaan buruk saat buang air besar yang bisa berimbas buruk pada munculnya wasir, yakni dengan sambil membaca atau bahkan mendengarkan musik. Mengapa hal ini bisa terjadi?

doktersehat-pria-toile-kamar-mandi-wasir-ambeien-konstipasi

Pakar kesehatan dr. Asrul Muhadi dari Klinik Rumah Wasir Jati Asih, di Bekasi, Jawa Barat, menyebutkan jika toilet duduk memang bisa membuat kita lebih bersantai saat buang air besar, namun sayangnya, karena posisi nyaman ini kita jadi bisa buang air besar dengan membawa koran, ponsel, atau bahkan gadget pemutar musik. Hal ini ternyata bisa membuat kita lebih lama buang air besar dari biasanya dan jika hal ini terjadi, maka kita pun akan lebih mudah terkena wasir, penyakit yang terjadi karena pembuluh darah pada dalam atau sekitar anus dan rectum bawah mengalami pembengkakan.

Saat memakai toilet duduk, anus kita akan berada dalam posisi rileks dan pembuluh darah di sekitarnya pun akan memiliki banyak darah dan bisa memicu tekanan. Selain itu, andai kita juga terbiasa mengejan dengan cukup keras, maka tekanan pada anus ini bisa menjadi semakin membesar dan pada akhirnya bisa memecahkan pembuluh darah tersebut. Alhasil, di sekitar anus akan mengalami peradangan dan pada akhirnya menimbulkan benjolan pada anus atau wasir.

Dr. Asrul sebenarnya lebih menyarankan penggunaan toilet jongkok yang lebih baik bagi saluran pencernaan, proses buang air besar, dan juga bisa membuat otot-otot pada rektum menjadi semakin kuat. Selain itu, untuk mencegah munculnya wasir, ada baiknya kita kerap mengkonsumsi asupan serat, yakni setidaknya 30 gram setiap harinya.

Baca Juga:  Olahraga Berikut Sangat Baik Untuk Seksualitas Pria

Kita juga sebaiknya mulai memperbaiki kebiasaan buang air besar. Sebagai contoh, andai kita belum merasa mulas, ada baiknya jangan dipaksakan hingga mengejan dengan keras untuk buang air besar. Andai kita sudah berada di toilet selama 10 menit namun belum juga bisa buang air besar, sebaiknya jangan dipaksakan dan sudahi saja karena andai dilanjutkan, kita justru akan dengan mudah terkena wasir.