Kebaikan Yang Kita Dapatkan Jika Melakukan Tidur Siang

DokterSehat.Com – Semakin dewasa seseorang, biasanya akan semakin sulit mendapatkan waktu tidur di siang hari. Bagaimana tidak, kesibukan dunia kerja dan waktu istirahat kerja yang sangat singkat membuat banyak orang memilih untuk tidak melakukan tidur siang. Padahal, tidur siang bisa memberikan dampak positif bagi kesehatan tubuh dan produktifitas kerja. Tercatat ada banyak perusahaan besar multinasional yang bahkan memberikan waktu dan ruangan khusus bagi para pekerjanya untuk melakukan tidur siang. Sebenarnya, apa sajakah dampak positif yang akan diadapatkan jika kita melakukan tidur siang?

doktersehat-tidur-wanita

Apa yang akan terjadi jika kita kita memaksakan diri bekerja dalam kondisi mengantuk? Satu hal yang pasti, pekerjaan akan sulit untuk diselesaikan dengan baik. Pakar kesehatan sendiri menyebutkan jika dengan melakukan tidur siang, maka kita akan cenderung lebih kreatif dan lebih baik dalam mendapatkan solusi akan permasalahan hingga menyelesaikan pekerjaan dengan baik. Penelitian menunjukkan jika tidur siang akan membuat bagian hemisfer kanan pada otak yang merupakan bagian otak yang mengendalikan kreatifitas akan menjadi lebih aktif dan memiliki koneksi yang lebih baik dengan bagian otak lainnya. Tidur siang juga akan membuat mood kita menjadi lebih segar yang tentu akan berimbas positif bagi pekerjaan kita.

Pakar kesehatan menunjukkan jika tidur siang ternyata memiliki dampak positif bagi ketajaman otak. Sebuah penelitian menunjukkan jika kelompok orang yang tidur siang akan mendapatkan hasil tes yang jauh lebih baik jika dibandingkan dengan mereka yang tidak tidur siang jika tes dilakukan di jam 6 sore.

Banyak orang dewasa yang memiliki masalah kurang tidur karena kesibukan pekerjaan atau sekadar ingin mendapatkan hiburan hingga malam hari. Hal ini ternyata bisa memicu stress dan tubuh yang lebih lesu. Dengan melakukan tidur siang, kita pun akan mampu mengurangi tingkat stress dan membuat kita menjadi lebih bugar. Sebuah penelitian yang dirilis oleh jurnal SLEEP juga menunjukkan jika tidur siang akan membuat kita tidak mudah tergiur dengan makanan yang kurang sehat sehingga kita pun akan lebih baik dalam menjaga berat badan tetap ideal.