Kebaikan yang Kita Dapatkan Andai Berjalan Kaki 30 Menit Setiap Hari

DokterSehat.Com – Banyaknya aktivitas sehari-hari dan semakin mudahnya kita menggunakan peralatan transportasi pribadi membuat kita cenderung malas untuk berolahraga. Tak percaya? Kita tentu akan memilih untuk memakai sepeda motor hanya untuk pergi membeli sesuatu di toko yang berjarak agak jauh alih-alih berjalan kaki, bukan? Padahal, pakar kesehatan menyebutkan jika berjalan kaki bisa menjadi solusi olahraga bagi mereka yang sibuk mengingat olahraga ini sangat mudah untuk dilakukan. Andai kita mau menyempatkan berjalan kaki selama 30 menit saja setiap hari, kita bahkan bisa mendapatkan kebaikan-kebaikan ini bagi tubuh.

doktersehat-jalan-kerja-sehat

Mengatasi lemak pada perut
Pakar kesehatan Melina Jampolis, MD, menyebutkan jika rutin berjalan kaki selama 30 menit setiap hari akan membuat respon tubuh pada insulin semakin membaik dan hal ini berimbas pada semakin terkikisnya lemak pada perut. Selain itu, sistem metabolisme tubuh juga akan semakin membaik dan tubuh pun akan membakar kalori dengan lebih banyak. Perut buncit pun lama-lama akan menghilang dan otot-otot tubuh kita semakin membaik.

Mencegah munculnya berbagai penyakit kronis
American Diabetes Association menyebutkan jika berjalan kaki secara rutin akan menurunkan kadar gla dalam darah sehingga resiko terkena diabetes pun ikut menurun. Rutin berjalan kaki juga bisa menurunkan tekanan darah hingga 11 poin sehingga ikut menurunkan resiko terkena stroke hingga 20-40 persen. Bahkan, andai kita rutin berjalan kaki 30 menit setidaknya lima kali dalam seminggu, maka kita akan menurunkan resiko terkena penyakit kardiovaskular hingga 80 persen.

Melancarkan saluran pencernaan
Rutin berjalan kaki akan membuat otot-otot pada perut menjadi lebih aktif dan hal ini bisa membantu saluran pencernaan lebih lancar dan mencegah masalah sembelit.

Baca Juga:  Cara Memperbesar Otot Untuk Orang Yang Kurus

Memperbaiki mood dan membuat kita kerap mendapatkan ide segar
Rutin berjalan kaki akan membuat sistem saraf kita termodifikasi dengan baik sehingga kita akan lebih baik menahan amarah atau rasa benci. Bahkan, andai kita berjalan kaki bersama rekan atau kekasih, mood kita akan semakin membaik. Selain itu, dengan rutin berjalan kaki, kita akan cenderung lebih kreatif dan mendapatkan ide-ide baru. Karena alasan inilah banyak pekerja kreatif yang memilih berjalan kaki keluar andai mereka ingin mendapatkan ide baru.