Kebaikan yang Ditawarkan Sayuran Yang Digoreng

DokterSehat.Com – Sayuran adalah salah satu bahan makanan yang sebaiknya kita konsumsi setiap hari. Disamping kaya akan kandungan serat, banyak kandungan baik lain layaknya mineral atau vitamin yang tentu akan sangat baik bagi kesehatan tubuh kita. Terdapat sebuah pertanyaan yang menggelitik banyak pihak tentang apakah sayuran yang digoreng juga akan menawarkan kebaikan untuk tubuh atau tidak. Padahal, beberapa jenis sayuran bisa digoreng menjadi rolade atau bahkan menjadi camilan yang sangat terkenal layaknya kentang goreng.

doktersehat-bayam

Masih banyak masyarakat yang berpikir jika makanan yang digoreng cukup identik dengan makanan yang tidak sehat, apalagi jika makanan tersebut sangatlah berminyak. Namun, hal ini ternyata tidak berlaku bagi beberapa sayuran yang digoreng. Sebagai contoh, kentang goreng dikenal luas cukup baik bagi kesehatan tubuh. Beberapa sayuran layaknya labu, terong, kentang, hingga tomat juga bisa mengalami peningkatan kadar antioksidan jika digoreng. Bahkan, Food Chemistry menyebutkan jika sayur-sayuran tersebut memiliki kandungan antioksidan yang jauh lebih tinggi daripada jika ditumis atau direbus.

Andai kita ingin mendapatkan asupan lemak yang lebih baik dari sayuran yang digoreng, maka kita bisa memakai minyak zaitun yang diyakini bisa membuat penyerapan vitamin A, D, E, dan K dalam tubuh bisa menjadi semakin baik. Selain itu, beberapa jenis minyak lain layaknya extra virgin olive oil juga sangat direkomendasikan jika kita ingin menggoreng sayuran mengingat pada minyak ini terdapat antioksidan fenol yang bisa diserap oleh sayuran yang tentu akan sangat baik bagi tubuh.

Meskipun telah menawarkan banyak kebaikan, ternyata kita tidak boleh asal berpikir jika sayuran yang digoreng akan selalu baik. Sebagai contoh, kita tentu sering melihat bayam yang digoreng dan ditambahi dengan tepung sehingga rasanya pun sangat renyah. Hal ini ternyata akan kurang baik bagi tubuh mengingat tepung yang digoreng bisa memberikan masalah kesehatan layaknya kenaikan berat badan yang berlebihan, apalagi jika bayam goreng ini digoreng dengan minyak yang kaya lemak trans.