Kebaikan Yang Didapatkan Jika Tidur Lebih Awal Setiap Hari

DokterSehat.Com – Tidak semua orang cukup beruntung untuk bisa mendapatkan waktu tidur yang cukup di malam hari. Beberapa bahkan mengakui jika mereka hanya bisa menikmati waktu tidur sekitar lima hingga enam jam setiap malamnya. Banyak dari kita yang masih harus berkutat hingga larut malam untuk menyelesaikan pekerjaan, bercengkerama dengan keluarga, atau bahkan melakukan hal-hal sepele layaknya menonton televisi atau bermain game. Padahal, jika kita bisa menata waktu tidur dan mulai beranjak tidur pada jam 8 atau jam 9 malam, kita bisa mendapatkan beberapa kebaikan seperti sebagai berikut.

doktersehat-pasangan-tidur-couple-seks

Dengan memulai waktu tidur lebih cepat, maka kita pun akan memiliki waktu yang lebih banyak untuk tidur sehingga kesempatan untuk mendapatkan waktu tidur yang lebih berkualitas pun akan menjadi lebih besar.  Berbeda dengan jika kita tidur dengan waktu yang larut malam dan terbangun dengan rasa kantuk yang kuat dan tubuh yang terasa sangat lelah, kita akan terbangun dengan tubuh dan pikiran yang jauh lebih segar jika tidur dengan lebih cepat. Selain itu, kita juga akan lebih mudah untuk bangun pagi dan menikmati udara segar dan sinar matahari. Selain mood yang lebih baik, kemampuan untuk berkonsentrasi juga akan meningkat. Banyak orang yang mengaku jika dengan mengubah waktu tidur dengan lebih cepat, pekerjaan pun akan lebih mudah dan lebih cepat diselesaikan.

Tidur dengan lebih cepat juga bisa memberikan dampak positif bagi kulit. Hal ini dikarenakan waktu tidur juga berperan besar bagi proses perbaikan tubuh dari berbagai polutan, racun, hingga stress. Berbagai hal negatif tersebut terusir dari tubuh jika kita tidur dengan nyenyak dan cukup. Hal ini akan membuat kulit menjadi lebih sehat, segar, dan terbebas dari masalah penuaan dini. Selain itu, pakar kesehatan juga mengungkapkan fakta dimana tidur dengan lebih awal akan membuat kita menurunkan resiko terkena penyakit berbahaya layaknya penyakit jantung atau kanker mengingat dengan tidur yang cukup, sistem kekebalan tubuh pun menjadi lebih kuat.