Kebaikan Nutrisi Omega 3 Bagi Ibu Hamil dan Bayi

DokterSehat.Com – Sudah menjadi rahasia umum jika omega 3 adalah nutrisi yang sangat baik bagi kesehatan otak. Bagi ibu hamil, omega 3 sendiri akan sangat baik untuk dikonsumsi mengingat nutrisi ini mampu membantu perkembangan otak janin menjadi lebih maksimal. Bayi yang dilahirkan pun bisa menjadi lebih cerdas. Pakar kesehatan juga menyebutkan jika salah satu jenis asam lemak esensial ini memiliki sifat anti peradangan yang cukup kuat sehingga jika dikonsumsi, kita bisa mencegah beberapa jenis peradangan yang bisa memicu penyakit jantung dan arthritis.

doktersehat-hamil

Pakar kesehatan menyebutkan jika anak bayi atau balita yang rutin mendapatkan asupan asam lemak omega 3 atau DHA akan cenderung memiliki peningkatan kualitas kinerja otak dengan signifikan. Selain perbaikan pada koordinasi mata dan tangan, respon dan perhatian pada lingkungan sekitar sang bayi juga meningkat dengan baik. Selain itu, anak juga akan memiliki kemampuan sosialisasi yang jauh lebih baik. Anak yang mendapatkan nutrisi ini selama di kehamilan atau melalui proses menyusui juga akan cenderung memiliki skor tes kecerdasan yang jauh lebih baik jika dibandingkan dengan anak yang terlahir dari ibu yang tidak mengkonsumsi nutrisi DHA ini.

Ibu hamil yang rutin mengkonsumsi asupan omega 3 akan menurunkan resiko terkena kelahiran prematur dengan sangat signifikan. Selain itu ibu yang banyak menkonsumsi asupan omega 3 selama proses kehamilan juga cenderung melahirkan anak yang tidak terhindar dari resiko terkena penyakit asma.

Andai bayi ternyata terlahir dengan kondisi prematur, bayi juga sebaiknya memperbanyak asupan omega 3 mengingat nutrisi ini diketahui akan sangat baik dalam meningkatkan perkembangan otak dan kecerdasan sang bayi. Jika anak terlahir dengan kondisi kurang mendapatkan asupan omega 3, Ia juga akan cenderung lebih tinggi beresiko mengalami masalah ADHD atau Attention-Deficit/Hyperactivity Disorder, yang banyak dikenal sebagai anak yang terlalu aktif namun kurang memperhatikan lingkungannya. Dengan adanya fakta-fakta ini, ada baiknya memang ibu hamil dan bayi memperbanyak asupan omega 3 demi kesehatan dan perkembangan fisiknya.