Kebaikan di Balik Pahitnya Pare

DokterSehat.Com – Meskipun rasanya pahit, ternyata banyak orang yang menyukai sayuran pare sebagai lauk sehari-hari. Pare sendiri juga bisa ditemukan dalam jajanan yang cukup terkenal, yakni siomay. Tahukah anda, dibalik rasa pare yang pahit ini, ternyata ada banyak kebaikan yang ditawarkan bagi kesehatan tubuh kita. Apa sajakah khasiat yang bisa didapatkan jika kita sering mengkonsumsi pare?

doktersehat-pare-sayur

Pakar kesehatan menyebutkan jika konsumsi pare bisa membuat kita menyembuhkan berbagai penyakit berbahaya. Sebagai contoh, penyakit disentri ternyata juga bisa disembuhkan jika kita mengkonsumsi cairan dari bahan pare. Pare yang sudah dipotong-potong ini bisa dicampur dengan iar dan kemudian diblender. Setelah menjadi cairan, maka kita bisa meminumnya dua kali dalam sehari untuk mengatasi disentri.

Pare ternyata juga memiliki khasiat untuk menyembuhkan bisul yang bisa merusak penampilan seseorang. Bisul yang bisa memberikan rasa sakit luar biasa pada kulit ini bisa diolesi dengan ramuan khusus yang terbuat dari pare. Ramuan ini sendiri sangat mudah untuk dilakukan, yakni dengan cara menumbuk bisul hingga halus.

Bagi ibu menyusui, pare juga bisa menjadi konsumsi harian yang akan membantu produksi ASI menjadi melimpah. Dengan ASI yang melimpah, tentu sang buah hati akan mendapatkan makanan kaya nutrisi yang akan cukup bagi pertumbuhan fisik dan juga otaknya. Ibu menyusui sendiri bisa dengan mudah mengkonsumsi pare yang sudah direbus dan dijadikan lalapan.

Meskipun masih memerlukan penelitian lebih lanjut, banyak pakar kesehatan yang meyakini jika pare memiliki berbagai kandungan dan zat yang mampu membunuh berbagai sel kanker yang sangat berbahaya. Dengan adanya fakta ini, kita pun bisa sering-sering mengkonsumsi pare untuk mencegah munculnya penyakit kanker yang bisa sangat mematikan.