Kebaikan Asam Lemak Omega-3 Bagi Tubuh

DokterSehat.Com – Saat kita mendengar kata lemak, hal pertama yang terlintas dalam pikiran kita tentu adalah kandungan yang sangat tidak baik jika berada dalam tubuh. Lemak telah dianggap sebagai penyebab berbagai masalah kesehatan layaknya obesitas, kolesterol tinggi, atau bahkan gangguan pada jantung sehingga sebisa mungkin harus dihindari. Lemak telah dianggap sebagai hal yang sangat jahat padahal dalam kenyataannya, lemak justru tetap dan sangat dibutuhkan oleh tubuh. Lemak yang akan bermasalah bagi kesehatan tubuh adalah lemak jenuh atau lemak yang memiliki jumlah yang sangat berlebihan.

doktersehat-obat-minyak-ikan

Lemak yang tak jenuh kerap kali dianggap sebagai lemak yang baik bagi tubuh kita. Salah satu jenis lemak tak jenuh adalah asam lemak Omega-3 yang akan mudah ditemui pada ikan laut layaknya ikan salmon atau ikan sarden. Dengan mengkonsumsi banyak makanan yang mengandung asam lemak omega 3, maka kita mendapatkan senyawa yang mampu melawan inflamasi atau peradangan. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh University of Pittsburgh Medical Center menunjukkan bahwa mereka yang menderita sakit leher dan punggung kronis ternyata tidak lagi membutuhkan obat anti inflamasi setelah rutin mengkonsumi minyak ikan selama 3 minggu hingga satu bulan secara penuh.

Makanan yang mengandung asam lemak omega-3 ternyata juga bisa membuat suasana hati seseorang menjadi lebih stabil sehingga resiko terkena stress atau depresi pun akan cenderung menurun. Tanpa kita sadari, stress atau depresi bisa melepas senyawa yang akan membuat kesehatan tubuh menjadi lebih buruk. Selain menjaga suasana hati, adanya kandungan DHA pada asam lemak omega-3 juga dapat membuat tubuh mengendalikan produksi hormon serotonin menjadi lebih baik. Banyaknya hormon serotonin tentu akan berimbas pada kualitas hidup kita yang jauh lebih baik. Hidup pun akan jauh lebih bersemangat dan banyak kegiatan harian yang bisa dilakukan dengan baik. Asam lemak omega-3 juga bisa membuat masalah inflamasi karena asma menjadi teratasi. Sebuah penelitian yang dilakukan di Indiana University menunjukkan bahwa mereka yang mengkonsumsi suplemen minyak ikan ternyata memiliki pernafasan yang jauh lebih baik.

Baca Juga:  Mitos Mengenai Penyakit Down Syndrome

Dengan banyaknya faedah yang ditawarkan makanan yang mengandung asam lemak omega-3 ini, apakah anda masih ragu untuk banyak-banyak mengkonsumsi makanan layaknya ikan salmon atau sarden?