Teh Hitam – Keamanan dan Peringatan Khusus (Anak, Ibu Hamil, dan Ibu Menyusui)

DokterSehat.Com– Minum sejumlah teh hitam yang cukup AMAN bagi kebanyakan orang dewasa.

doktersehat-teh-hitam

Minum terlalu banyak teh hitam, seperti lebih dari lima cangkir per hari, mungkin tidak aman. Jumlah tinggi teh hitam dapat menyebabkan efek samping karena kafein dalam teh hitam. Efek samping ini dapat berkisar dari ringan sampai berat, meliputi sakit kepala, gugup, masalah tidur, muntah, diare, iritasi, denyut jantung tidak teratur, tremor, mulas, pusing, telinga berdenging, kejang, dan kebingungan. Juga, orang yang minum teh hitam atau minuman berkafein lainnya sepanjang waktu, terutama dalam jumlah besar, dapat mengembangkan ketergantungan psikologis.

Minum teh hitam dalam jumlah yang sangat tinggi yang mengandung lebih dari 10 gram kafein adalah KEMUNGKINAN tidak aman. Dosis teh hitam tinggi ini dapat menyebabkan kematian atau efek samping yang parah lainnya.

Kafein adalah MUNGKIN AMAN pada anak-anak dalam jumlah yang banyak ditemukan dalam makanan.

Kewaspadaan & Peringatan Khusus

Anak-anak
Teh hitam mungkin AMAN ketika diminum oleh anak-anak dalam jumlah besar yang ditemukan dalam makanan.

Kehamilan dan menyusui
Jika Anda sedang hamil atau menyusui, minum teh hitam dalam jumlah kecil masih AMAN. Jangan minum teh hitam lebih dari 3 cangkir sehari. Jumlah tersebut mencakup sekitar 200 mg kafein. Mengkonsumsi lebih dari jumlah ini selama kehamilan mungkin tidak aman dan telah dikaitkan dengan peningkatan risiko keguguran, peningkatan risiko sindrom kematian bayi mendadak (SIDS), dan efek negatif lainnya, termasuk gejala penarikan kafein pada bayi baru lahir dan bayi berat lahir rendah.

Jika Anda menyusui, minum lebih dari 3 cangkir sehari teh hitam mungkin tidak aman dan dapat menyebabkan bayi menjadi lebih mudah marah dan buang air besar berlebihan.