Kayu Manis, Bumbu yang Sehat Bagi Lambung dan Usus

DokterSehat.Com – Kayu manis sudah dikenal luas sebagai salah satu bahan makanan yang cukup digemari oleh masyarakat Indonesia karena kemampuannya membuat rasa masakan menjadi lebih sedap. Namun, belakangan ini pakar kesehatan justru menemukan adanya kelebihan dari kayu manis yang ternyata sangat baik bagi kesehatan saluran pencernaan, khususnya lambung dan usus. Seperti apakah manfaat kesehatan yang ditawarkan oleh kayu manis?

doktersehat-kayu-manis-baik-pencernaan

Pakar kesehatan bernama Kourosh Kalantar-Zadeh menyebutkan jika kayu manis ternyata bisa secara efektif menurunkan suhu di dalam perut yang pada akhirnya berimbas pada sistem pencernaan yang jauh lebih sehat. Kayu manis, baik itu dalam bentuk bubuk atau masih dalam bentuk alami, diyakini akan sangat efektif menurunkan kadar karbondioksida di dalam perut yang akan muncul andai kita makan dalam porsi yang cukup besar. Dengan karbondioksida yang berkurang, suhu perut pun akan menurun dan pada akhirnya membuat dinding lambung dan usus kecil akan lebih terlindungi. Hal ini akan berimbas positif dengan kemampuan proses pencernaan makanan pada usus yang akan jauh lebih baik.

Memang, penelitian yang dilakukan oleh Kalantar-Zadeh dan timnya baru sebatas pada hewan percobaan berupa babi. Namun, para peneliti yakin jika efek yang sama akan terjadi pada sistem pencernaan manusia dan akan berpengaruh besar pada kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Kayu manis diyakini ikut berperan besar dalam menurunkan tingginya kadar asam lambung dan juga pepsi yang ada di dalam usus. Alhasil, aliran darah pada dinding perut akan menajdi semakin lancar dan berpengaruh besar pada kesehatan lambung dan juga usus. Kalantar-Zadeh bahkan menyebutkan jika andai kita mengkonsumsi satu gram kayu manis saja dalam sehari, maka sistem pencernaan pada tubuh kita bisa menjadi lebih sehat.

Baca Juga:  Mengenal Penyakit Insomnia Fatal

Sayangnya, konsumsi kayu manis juga sebaiknya dibatasi agar tidak berlebihan karena bisa memberikan efek racun bagi tubuh. Kalantar-Zadeh menyarankan konsumsi maksimal dari kayu manis adalah enam gram saja dalam sehari karena jika mencapai kadar tersebut atau bahkan lebih, akan sangat berbahaya bagi kesehatan kita.