Kasus Pabrik Mercon Meledak, Begini Langkah yang Tepat Menangani Korban Luka Bakar

DokterSehat.Com– Kasus pabrik mercon yang meledak di Kosambi, Tangerang pada hari Kamis, 26 Oktober 2017 memakan cukup banyak korban. Tak hanya puluhan orang meninggal dunia, terdapat beberapa orang lain yang mengalami luka bakar yang cukup serius sehingga  harus dirawat di rumah sakit. Belajar dari kasus ini, ada baiknya kita mengenal lebih dalam tentang cara menangani korban luka bakar dengan benar.

pabrik mercon meledak

Photo Credit: AFP Photo/ Demy Sanjaya

Luka bakar tingkat satu
Luka bakar tingkat 1 biasanya hanya menyebabkan kerusakan kulit, khususnya pada lapisan terluarnya. Hal ini terlihat dengan tanda-tanda seperti kulit yang kemerahan, peradangan, pembengkakan, dan sensasi rasa perih. Untuk mengatasi luka bakar ini, kita bisa melakukan perawatan sederhana seperti menyiram luka dengan air dingin yang mengalir selama 5 menit atau lebih, meminum obat pereda rasa sakit, dan mengoleskan obat pereda nyeri. Satu hal yang pasti, ada baiknya kita tidak menggunakan es pada luka karena bisa memicu kerusakan pada jaringan kulit.

Luka bakar tingkat dua
Luka bakar tingkat dua biasanya lebih parah, lebih luas, dan ditandai dengan kulit yang melepuh, kemerahan, dan rasa sakit. Luka pada kulit juga terlihat lebih basah. Untuk menanganinya, kita sebaiknya menyiram luka dengan air dingin yang mengalir salama 15 menit atau lebih. Selain itu, minumlah obat penghilang rasa sakit, mengoleskan krim antibiotik, dan segera memeriksakan kondisi ini ke dokter.

Luka bakar tingkat tiga
Luka bakar ini adalah yang paling parah. Yang luar biasa adalah, penderitanya tak lagi merasakan sakit karena saraf pada tubuhnya sudah rusak. Penderita luka bakar tingkat 3 harus segera dilarikan ke rumah sakit untuk mendapatkan penanganan medis yang tepat. Jangan pernah mencoba untuk mengobatinya sendiri karena bisa jadi hal ini akan membuatnya menjadi semakin parah.