Kasus Humerus Proximal Tulang Lengan Atas

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Salam kenal dok,

anak saya setelah dirontgen hasi dikatakan kesan: humerus proximal dengan deformitas benign, artinya apa ya? dan seberapa bahayanyadok, sebab dari foto ada benjolan di area tulang lengan bagian dalam sekitar 10 cm ke bawah bila dari bahu, mohon jawabannya dok. terima kasih.

Jawab

Salam bahagia,

untuk menjawab pertanyaan ibu/bapak, Dimana yang ditunjuk merupakan humerus proximal (tulang lengan atas) lokasi kira2 berdasarkan kata kata yang ditanyakan berada di sekitar bahu.Deformitas (perubahan bentuk) merupakan suatu jenis kelainan yang di tandai dengan bentuk/ posisi abnormal dari suatu bagian tubuh. Benign itu biasa bersifat jinak atau ringan. sehingga bisa disimpulkan humerus proximal dengan deformitas benign merupakan gangguan perubahan bentuk atau posisi yang terdapat pada lengan atas (disekitar bahu) yang bersifat ringan.

Bahayanya tergantung dari penyebab dan besar masalah yang ditimbulkan, jika disebabkan oleh terjadinya patah tulang, patahan (pecahan) tulang bisa menyebabkan terjadinya luka pada pembuluh darah, jika disebabkan terjadinya  pertumbuhan tulang dapat menyebabkan gangguan pada fungsi disekitar seperti lengan sulit digerakkan atau gerakannya terbatas, aliran darah yang dilalui pembuluh darah pada bagian tersebut menjadi terhambat, lebih baik dikonsultasikan dengan dokter yang memeriksa agar dapat mendapatkan penatalaksanaan yang sesuai. Terima kasih.

Dr. Heriyanto, S.Ked
Team DokterSehat.com

 

Print Friendly
facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Comments

  1. reza

    salam knal dok

    saya reza 1bulan yg lalu saya dioprasi, lengan atas saya patah dan ada serpihan tulang yg hlang.
    Saat oprasi tlang saya tdak mau menyatu alhasil lengan saya sedikt condong kebelakang.
    Aknkah lengan saya akn normal kembali??
    Atau lengan saya sdikit bengkok? mohon jawabn dan nasehatnya. terima kasih

    Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

    1. dr. nellyn angela

      Selamat siang,

      Salam sehat,

      Posisi tulang yang masih bengkok setelah operasi akibat ada bagian tulang yang hilang memang dapat terjadi. Masa 1 bulan proses penulangan yang terjadi masih merupakan soft kalus (awal). oleh karena itu untuk memastikan hasilnya akan bagaimana kelak sebaiknya berkonsultasi dengan dokter spesialis bedah ortopedi untuk di rontgen ulang dan meninjau terapi lanjutannya.

      *catatan: sesegera mungkin berkonsultasi karena bila sudah kalsifikasi yang menetap terapi akan lebih sulit

      Semoga bermanfaat

      Terima kasih

      Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

Leave a Comment