Kasus Bunuh Diri Jonghyun SHINee, Mengapa Pria yang Terkesan Kuat Bisa Terkena Depresi?

shinee-jonghyun-meninggal-doktersehat
Photo Credit: Koreaboo

DokterSehat.Com– Kasus bunuh diri Jonghyun SHINee menambah deret artis yang meninggal bunuh diri karena terkena depresi. Sebelumnya, kita tentu masih ingat kasus bunuh diri yang menimpa Chester Bennington, vokalis Linkin Park beberapa waktu yang lalu atau yang paling terkenal tentu kematian Kurt Cobain. Sebuah pertanyaan pun muncul, mengapa pria yang mentalnya terkesan kuat bisa sampai terkena depresi hingga memutuskan untuk bunuh diri?

Mayo Clinic menyebutkan bahwa sebagaimana wanita, pria juga memiliki resiko untuk terkena depresi. Berbeda dengan wanita yang cenderung bisa memperlihatkan tanda-tanda bahwa mereka sedang depresi, depresi pada pria sangat sulit untuk dideteksi oleh orang-orang sekitarnya karena pria cenderung memendam emosinya.

Pakar kesehatan Benny Prawira, S.Psi dari Komunitas Pencegahan Bunuh Diri Into The Light menyebutkan bahwa tanpa kita sadari, pria sebenarnya lebih rentan untuk terkena depresi dibandingkan dengan wanita. Hal ini disebabkan oleh kecenderungan pria yang kesulitan dalam mengenali emosi dari dirinya sendiri. Sebagai contoh, pria justru memilih untuk marah padahal sebenarnya mereka sedang takut atau kecewa akan sesuatu hal.

Tak hanya itu, ada ketakutan tersendiri yang dirasakan oleh pria jika mereka mengakui sedang mengalami depresi atau gangguan mental lainnya, khususnya jika dianggap sebagai seseorang yang lemah atau tidak mencerminkan seorang pria sejati. Alhasil, mereka pun seperti merasa tidak memiliki dukungan sama sekali dalam mengatasi masalah yang dialaminya dan terus tenggelam dalam depresinya. Hal yang berbeda dialami oleh wanita yang cenderung bisa lebih terbuka untuk mengutarakan apa yang terjadi pada dirinya sehingga bisa mendapatkan dukungan dari banyak orang, khususnya teman-teman atau keluarga.

Berbagai hal inilah yang akhirnya membuat pria sangat rentan untuk terkena depresi dan akhirnya meninggal akibat bunuh diri.

ikuti-kontes-sehatitubaik-menangkan-berbagai-hadiah-menarik