Kari Pedas Bisa Membantu Mencegah Kanker Payudara

DokterSehat.Com – Anda penyuka makanan kari pedas? Makanan khas India yang kaya akan bumbu rempah ini ternyata bisa membuat kita menurunkan resiko terkena kanker payudara, penyakit yang sangat ditakuti oleh wanita di seluruh dunia. Bagaimana cara kari pedas bisa mencegah kanker payudara dengan efektif?



Kari pedas dikenal luas memiliki kandungan cabai dan berbagai rempah-rempah lainnya. Tak disangka, kandungan nutrisi dari bahan-bahan tersebut mampu mencegah kanker payudara dan menekan pertumbuhan berbagai sel tumor. Andai kita mengkonsumsi kari yang pedas ini, maka kita akan banyak mengeluarkan keringat. Keringat inilah yang berprean besar mengurai berbagai sel berbahaya dalam tubuh layaknya sel kanker. Selain itu, rempah-rempah layaknya kunyit, jahe, atau bahkan lengkuas ternyata memiliki zat antioksidan yang aktif dalam mencegah munculnya berbagai penyakit berbahaya.

Pakar kesehatan menyebutkan jika kunyit memiliki kemampuan dalam menurunkan resiko penyakit jantung, diabetes, dan berbagai masalah pencernaan. Sementara itu, jahe dan lengkuas mampu menurunkan kadar kolesterol sekaligus menurunkan resiko obesitas. Beberapa rempah lainnya layaknya merica, pala, dan bawang merah serta bawang putih akan sangat baik dalam menjaga tekanan darah dan kadar gula darah.

Pakar kesehatan dari Ruhr University di Bochum, Jerman, bernama Prof Hanns Hatt, menyebutkan jika andai kari pedas ini dikonsumsi secara rutin, maka kita akan menekan resiko terkena kanker payudara dengan signifikan. Bahkan, kini sedang dilakukan penelitian untuk mencari tahu apakah kandungan nutrisi dari rempah-rempah kari pedas bisa mengobati kanker atau tidak.

Meskipun banyak penelitian yang menunjukkan bahwa kari bisa mencegah resiko kanker, Prof Hatt berkata bahwa belum tentu dengan mengkonsumsi makanan pedas ini kita pasti terbebas dari resiko terkena kanker payudara. Kita tentu harus melakukan gaya hidup sehat dengan konsisten untuk mencegahnya. Selain itu, kandungan senyawa dalam kari pedas juga bisa saja memberikan efek yang berbeda-beda bagi setiap orang.