Karena Kondisi Ini, Lidah Bisa Berwarna Ungu

DokterSehat.Com– Tahukah anda jika kondisi kesehatan tertentu bisa menyebabkan perubahan pada warna lidah kita? Menurut laman kesehatan Boldsky, kita bisa memeriksa warna lidah kita di bawah sinar matahari secara langsung dan kemudian memeriksakannya kembali 1 jam kemudian, juga di bawah sinar matahari. Jika warna lidah kita mengalami perubahan warna seperti ini, maka hal ini menandakan adanya masalah kesehatan yang sedang kita alami.

doktersehat-muka-wajah-lidah-sariawan

Lidah berwarna ungu
Kondisi lidah dengan warna ungu memang sangat jarang terjadi. Hanya saja, dalam beberapa kasus yang langka, penderita gangguan paru-paru atau penyakit jantung akan mengalami perubahan warna lidah menjadi ungu.

Lidah berwarna biru
Tak hanya berwarna ungu, lidah juga bisa memiliki warna biru yang disebabkan oleh adanya gangguan pada organ ginjal.

Lidah berwarna kuning
Jika lidah kita menunjukkan warna kuning, maka saluran pencernaan kita sedang mengalami gangguan, khususnya pada organ hati.

Lidah berwarna merah terang
Layaknya lidah dengan warna ungu, lidah dengan warna merah yang terang ternyata juga bisa menjadi tanda bahwa kita sedang terkena masalah kesehatan pada jantung. Selain itu, hal ini juga berkaitan dengan adanya penyakit yang berhubungan dengan kondisi darah. Jika lidah ini memiliki warna yang merah namun tidak terlalu terang, maka tubuh sepertinya sedang mengalami infeksi atau inflamasi pada darah.

Lidah berwana pucat atau keputihan
Lidah yang memiliki warna cenderung pucat menandakan bahwa kita sedang kekurangan asupan berbagai vitamin dan mineral akibat dari pola makan yang buruk. Sementara itu, jika lidah justru berwarna putih, maka hal ini menandakan bahwa tubuh sedang terkena dehidrasi. Selain itu, kondisi lidah ini juga menandakan penyakit flu atau infeksi jamur pada lidah.

Warna lidah yang ideal adalah yang merah muda. Jika lidah kita memiliki warna seperti ini, maka tubuh kita dipastikan sedang berada dalam kondisi yang sehat.