Karena Kehilangan Telinga Saat Kecelakaan, Dokter pun Membuat Telinga Baru Pada Tangan Pria Ini

DokterSehat.Com – Seorang yang hanya dipanggil dengan marga Ji dari Tiongkok mengalami nasib yang cukup naas. Akibat dari sebuah kecelakaan sekitar setahun yang lalu, Ji mendapatkan luka yang cukup serius dan harus kehilangan telinga kanannya. Memang, Ia berhasil selamat dan mendapatkan operasi bedah untuk membuat wajah dan pipinya bisa pulih seperti sedia kala. Namun, hilangnya telinga kanannya membuat Ji merasa ada yang kurang lengkap pada wajahnya.

doktersehat-operasi-pisau

Ia pun mencoba mencari rekomendasi dokter yang bisa mengembalikan telinga kanannya lagi. Setelah mendapatkan berbagai informasi, Ji pun mendatangi dokter Guo Shuzhong, salah satu ahli bedah plastik yang cukup terkenal karena menjadi pelaku operasi transplantasi wajah pertama kali di Tiongkok pada tahun 2006. Dr. Guo pun menyanggupi permintaan Ji dan akhirnya mulai membuat telinga buatan pada sebuah rumah sakit di Xi’an yang berada di Provinsi Shaanxi.

Yang unik adalah, telinga buatan ini ternyata ditempatkan pada lengan Ji. Dr. Guo menjelaskan bahwa Ia menggunakan tulang rawan dan tulang rusuk milik Ji untuk membuat telinga buatan tersebut. Setelah telinga ini tumbuh sempurna, Ia berharap agar transplantasi telinga ke kepala Ji bisa diselesaikan dalam waktu empat bulan ke depan.

Dr. Guo menjelaskan bahwa langkah transplantasi telinga ini melalui tiga buah tahapan. Langkah pertama adalah dengan menanam expander kulit pada bagian bawah lengan kanan Ji. Setelah itu, dr. Guo pun mengambil tulang rawan dan tulang rusuk agar bisa membentuk telinga baru pada lengan kanan Ji tersebut. Setelah telinga ini terbentuk, maka telinga ini akan segera dipindahkan ke posisi telinga pada umumnya dengan teknik anastomosis pembuluh darah.

Menurut dr. Guo, Ia dan timnya telah melalui proses tersulit dalam tiga tahapan tersebut, yakni tahapan kedua. Ia dan timnya pun tinggal menunggu telinga ini menjadi sempurna dan akan dipindahkan ke kepala Ji agar Ia bisa mendapatkan wajahnya seperti sedia kala.