Karang Gigi Yang Merusak

DokterSehat.Com – Banyak masyarakat yang berpikir bahwa gigi adalah salah satu bagian tubuh yang mudah untuk dirawat. Cukup dengan menyikat gigi dua kali sehari yakni setelah makan dan juga sebelum tidur, gigi seringkali dianggap sudah cukup dirawat. Yang menjadi masalah adalah, menyikat gigi saja ternyata masih belum cukup. Banyak masyarakat yang menyikat gigi dengan cara yang benar dan memicu adanya berbagai masalah di area gigi dan mulut khususnya yang berkaitan dengan sakit gigi atau gusi. Salah satu masalah yang kerap didapatkan oleh masyarakat adalah masalah karang gigi. Karang gigi sendiri bisa menyebabkan masalah yang menyakitkan, khususnya jika gigi akhirnya rusak. Bagaimanakah sebenarnya karang gigi itu?



Apakah karang gigi sama dengan plak gigi? Ternyata kedua hal ini sangatlah berbeda. Keduanya sama-sama memberikan masalah besar bagi gigi, namun, plak gigi yang berada di permukaan gigi hanyalah berupa lapisan tipis yang biasanya tercampur dengan sisa makanan dan juga bakteri. Berbeda dengan plak gigi, karang gigi adalah tingat lebih buruk dari plak gigi, Karang gigi ini adalah hasil dari pembiaran plak gigi secara terus menerus. Meskipun telah disikat, banyak area gigi dengan plak yang menempel yang tidak dibersihkan dengan benar. Plak ini kemudian mengeras dan jadilah karang gigi yang nantinya akan sangat mengganggu.

Penanganan dari karang gigi dan plak gigi pun sangatlah berbeda. Plak gigi bisa kita bersihkan dengan cara konvensional yakni dengan rajin menyikat gigi dua kali sehari dengan teknik yang benar dan juga pasta gigi yang tepat. Disamping itu, pembersihan sela-sela gigi dan juga memakai obat kumur bisa mengurangi dan menghilangkan plak gigi dengan efektif. Untuk karang gigi, mau tidak mau kita harus mengunjungi dokter gigi dan menjalani sebuah proses dengan alat khusus agar karang  gigi yang keras ini dapat dihilangkan.

Baca Juga:  Sering Sariawan? Cobalah Ganti Pasta Gigi

Sebelum anda memiliki masalah karang gigi yang bisa memicu sakit gigi yang sangat menyakitkan, ada baiknya anda rajin-rajin menggosok gigi dengan teratur dan memakai teknik menyikat gigi yang benar. Anda pun bisa terbebas dari masalah gigi yang sangat menyakitkan selamanya.