Kapankah Waktu Yang Tepat Untuk Berolahraga?

DokterSehat.Com – Tuntutan kehidupan modern bisa membuat kita seakan-akan memiliki waktu yang sangat terbatas dalam sehari. Banyak orang yang mengeluhkan aktifitas harian berupa tidur, bekerja, dan melihat televisi di waktu diantara bekerja dan waktu tidur setiap hari. Waktu yang sangat terbatas ini tentu akan membuat kita kesulitan untuk berolahraga. Padahal, tanpa adanya olahraga yang rutin, tubuh kita bisa jadi akan menjadi kurang sehat dan menggemuk tak terkendali. Selain itu, tubuh yang jarang bergerak tentu akan memiliki resiko besar mengalami berbagai penyakit. Sebuah pertanyaan pun muncul, kapankah saat terbaik untuk melakukan olahraga?

doktersehat-lari-hilangkan-stres

Meskipun hari kita sangat padat, pakar kesehatan menyebutkan jika sebelum kita memulai aktifitas rutin harian kita adalah saat paling sempurna untuk berolahraga. Pada pagi hari, khususnya di waktu dimana matahari baru saja bersinar akan memberikan banyak sekali udara segar yang tentu akan sangat enak untuk dihirup. Selain itu, di pagi buta, polusi udara pun sangat minimum. Hanya saja, pakar kesehatan meyebutkan jika olahraga di pagi bisa dilakukan dengan mudah adalah jalan-jalan atau melakukan pilates. Olahraga di pagi hari dikenal luas mampu membuat tekanan darah menjadi normal kembali dan tidak lagi takut untuk mengalami masalah kesehatan tekanan darah tinggi.

Selain kegiatan sebelum bekerja atau melakukan rutinitas harian, waktu paling tepat berikutnya adalah di sore hari setelah jam kerja berakhir. Pakar kesehatan menyebutkan jika waktu terbaik di sore hari adalah jam 5 hingga jam 6 sore. Andai kita adalah orang yang sangat sibuk dan memiliki waktu kerja yang cukup panjang dan membuat kita kesulitan berolahraga di pagi atau sore hari, maka malam hari bisa menjadi waktu yang ideal untuk berolahraga. Kita sendiri bisa mendatangi gym atau pusat kebugaran untuk memastikan bahwa olahraga kita di malam hari bisa dilakukan dengan efekfit. Hanya saja, ada baiknya untuk melakukan olahraga pada jam-jam yang tidak terlalu larut agar tetap mendapatkan waktu tidur yang cukup dan efektif.