Kapankah Waktu Terbaik Untuk Mengkonsumsi Air Putih

DokterSehat.Com – Air putih memiliki peran sangat besar bagi kesehatan tubuh kita. Bagaimana tidak, jika kita kekurangan asupan air putih setiap harinya, maka kita pun akan beresiko mengalami dehidrasi dan berbagai maslah kesehatan tubuh lainnya. Pakar kesehatan sendiri menyarankan kita untuk memenuhi asupan air putih setiap harinya sekitar delapan gelas per hari. Namun, sebenarnya kapankah waktu terbaik untuk mengkonsumsi air putih?

doktersehat-air-es-menganggu-pencernaan

Bangun Tidur
Hampir setiap kita bangun tidur, kita akan merasakan kehausan yang luar biasa pada tenggorokan kita. Sebelum kita pergi ke kamar mandi, ada baiknya kita meminum air putih terlebih dahulu. Pakar kesehatan menyebutkan jika kita meminum air putih saat bangun tidur, maka kita akan lebih baik dalam membuang berbagai macam racun dan limbah pada tubuh. Tak hanya itu, rasa haus yang diakibatkan oleh dehidrasi karena cukup lama tidak meminum air selama waktu tidur juga akan segera mereda. Karena alasan inilah ada baiknya kita menyediakan air putih dekat dengan tempat kita tidur agar bisa segera meminumnya di kala kita bangun tidur.

Saat Merasa Lelah
Kadangkala kita melakukan berbagai aktivitas atau pekerjaan yang akan membuat kita merasa sangat lelah. Seringkali rasa lelah ini disebabkan oleh menurunnya kadar cairan di dalam tubuh sehingga kita akan merasakan sensasi tidak bertenaga. Karena alasan inilah ada baiknya kita segera memin air putih. Dengan meminum air putih, kita akan membuat fungsi otak meningkat dan kita akan mendapatkan kembali energi, semangat, serta konsentrasi untuk melakukan banyak hal.

Sebelum dan Setelah Melakukan Olahraga
Pakar kesehatan menyebutkan jika air putih sangat dibutuhkan sebelum dan setelah olahraga. Jika kita meminum air putih sebelum berolahraga, maka kita akan mendapatkan nutrisi yang cukup untuk menggerakkan otot dengan aman. Sementara itu, aktifitas olahraga yang berat akan membuat kita banyak kehilangan cairan tubuh hingga dehidrasi mengingat banyaknya keringat yang kita keluarkan. Dengan meminum air putih setelah berolahraga, maka kita akan menggantikan cairan tubuh tersebut dengan segera.